Bola Internasional

Apa Kabar Christopher Wreh, Eks Arsenal yang Sempat 'Terdampar' di Klub Papua?

Kamis, 27 Juni 2019 18:13 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© Getty Image
Christopher Wreh. Copyright: © Getty Image
Christopher Wreh.

INDOSPORT. COM - Christopher Wreh, eks Arsenal ini dahulu sempat menjalani kariernya bersama klub Indonesia, Perseman Manokwari. Apa kabar sosoknya kini?

Wreh merupakan bintang sepak bola yang membela Arsenal dari tahun 1997 hingga 2000. Ia masuk ke Arsenal setelah diboyong Arsene Wenger dari klub Prancis, AS Monaco.

Selama berkostum Arsenal, karier Wreh terbilang kurang mengesankan. Wreh hanya bisa mencatatkan 28 penampilan dan mencetak tiga gol saja.

Bahkan Wreh lebih banyak menghabiskan kontraknya bersama Arsenal dengan dipinjamkan ke klub lain. Wreh tiga kali dipinjamkan, yakni ke AEK Athens (1999), Birmingham City (1999), dan Den Bosch FC (2000).

Usai pergi meninggalkan Arsenal pada tahun 2000, karier Wreh kian menurun. Pemain berkebangsaan Liberia itu kesulitan untuk bisa bersaing di level tertinggi sepak bola Eropa.

Puncaknya terjadi pada 2007, ketika Wreh memutuskan berkarier di Indonesia. Ia bergabung dengan Perseman Manokwari hingga tahun 2010.

Sosok Wreh sendiri kini sudah tak lagi berprofesi sebagai pemain sepak bola. Ia telah gantung sepatu dan memutuskan berkarier sebagai pelatih.

Wreh sempat dipercaya untuk melatih Timnas Liberia U-20. Prestasi terbaiknya ketika mengantarkan Timnas Liberia U-20 menjadi juara dua di West African Football Union U-20 2018.

Karier kepelatihan Wreh juga sempat tercoreng oleh tindakan tak terpuji. Pada akhir tahun 2018, Wreh yang melatih klub lokal Liberia, Nimba United, kedapatan menyerang ofisial pertandingan.

Wreh kala itu merasa tidak puas dengan kepemimpinan wasit yang mengusir dua pemainnya. Akibat aksi tidak terpujinya, Wreh juga diusir wasit dari lapangan.

Tak cukup sampai di situ, Wreh juga mendapatkan sanksi tegas dari asosiasi sepak bola Liberia, LFA. Wreh dijatuhi hukuman skorsing selama enam bulan.