Liga Italia

On This Day: Napoli Kedatangan Legenda yang Melampaui Maradona

Jumat, 28 Juni 2019 06:35 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Getty Images
Marek Hamsik saat berselebrasi ketika berseragam napoli pada musim lalu. Copyright: © Getty Images
Marek Hamsik saat berselebrasi ketika berseragam napoli pada musim lalu.

INDOSPORT.COMMarek Hamsik secara resmi bergabung ke klub Serie A Italia Napoli tepat pada tanggal 28 Juni 2007 silam. Dirinya hanya didatangkan dengan nilai transfer sebesar 5,5 juta euro atau Rp88 miliar.

Hamsik menandatangani kontrak lima tahun bersama Partenopei dan mengaku senang bisa menjadi bagian dari klub kuda hitam Serie A Italia tersebut.

"Saya sangat senang dan bangga bermain untuk klub bergengsi seperti Napoli," kata Hamsik saat itu. "Aku tidak sabar untuk mengenakan jersey terkenal ini dan bertemu teman satu timku."

Saat itu, belum ada yang mengetahui kapasitas Hamsik sebagai gelandang. Didatangkan dari Brescia, gelandang berkebangsaan Slovakia tersebut menjelma sebagai pilar utama bahkan legenda Napoli.

Seperti yang diketahui, Hamsik telah menjadi bagian penting Napoli selama lebih dari satu dekade. Dirinya berhasil mengumpulkan 121 gol dari 500 penampilannya dan telah membantu Napoli meraih tiga gelar.

Tiga gelar tersebut adalah dua trofi Coppa Italia (2011/12 dan 2013/14) serta satu kali memenangkan Supercoppa Italiana musim 2014.

Salah satu alasan mengapa Hamsik pantas dinobatkan sebagai legenda Napoli adalah pencapaiannya yang melebihi rekor gol Diego Maradona. Catatan itu nampaknya sudah cukup menjelaskan bahwa dirinya layak menyandang status legenda.

Kini, Hamsik telah resmi meninggalkan Napoli untuk menjajal kompetisi paling bergengsi di China. Ia memutuskan untuk memperkuat Dalian Yifang sejak awal musim 2019 lalu.