Bola Internasional

On This Day: Jerman Juara Euro 1996 Lewat Golden Goal

Minggu, 30 Juni 2019 06:01 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Daily Mail
Jerman saat menjuarai Euro 1996 silam usai mengalahkan rep. Ceko di partai final. Copyright: © Daily Mail
Jerman saat menjuarai Euro 1996 silam usai mengalahkan rep. Ceko di partai final.

INDOSPORT.COM – Tanggal 30 Juni menjadi yang paling bersejarah bagi Timnas Jerman. Mengingat, mereka sukses memenangkan gelar Euro 1996 usai mengalahkan Republik Ceko di partai final.

Jerman memastikan diri sebagai juara Euro 1996 lewat golden goal yang dicetak oleh Oliver Bierhoff pada menit ke-95. Alhasil, Jerman sukses mengalahkan Rep. Ceko dengan skor tipis 2-1.

Sebelumnya, Jerman dan Rep. Ceko bermain imbang 1-1 selama 90 menit. Jerman sebenarnya tertinggal lebih dulu lewat gol titik putih Patrik Berger, sebelum akhirnya disamakan Oliver Bierhoff.

Gol penentu Bierhoff di laga ini nyatanya menjadi sejarah baru bagi sepak bola dunia. Pasalnya, ini menjadi turnamen besar pertama yang juaranya diputuskan lewat golden goal

Mungkin bukan menjadi sebuah kejutan jika Jerman berhasil menjuarai turnamen prestisius sekaliber Euro. Namun ini merupakan sejarah baru bagi mereka, mengingat ini merupakan gelar pertama bagi Timnas Jerman saat wilayah timur dan barat bersatu.

Jerman sendiri sebenarnya sudah bertemu dengan Rep. Ceko pada pertandingan perdana penyisihan grup Euro 1996. Saat itu, Tim Panser mampu menang dengan skor 2-0 lewat gol Christian Ziege dan Andreas Moller.

Meski tumbang, Rep. Ceko sukses mampu lolos dengan menduduki peringkat kedua di bawah Jerman. Rep. Ceko pun memiliki kesempatan untuk membalaskan dendamnya ketika sukses melangkah ke final. Namun sayang, Jerman masih terlalu kuat untuk dikalahkan.