Bola Internasional

Mencari Jejak Miro Baldo Bento, Eks Timnas Indonesia yang Membelot ke Timor Leste

Senin, 1 Juli 2019 12:42 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Penggemar sepak bola nasional era 90-an pasti kenal yang namanya eks Timnas Indonesia yang membelot ke Timor Leste, yakni Miro Baldo Bento dan berikut kabar terkininya.

Pria dengan nama lengkap Miro Baldo Bento de Araujo ini lahir di Dili, Portuguese Timor pada 4 Juni 1975 silam. Saat masih menjadi pemain, ia berposisi sebagai striker.

Miro memulai karier di dunia sepak bola dengan bergabung Arseto Solo (1992-1998). Kemampuannya dalam mengolah bola pun akhirnya membuat Persija Jakarta kepincut.

Musim berikutnya ia membela Persija Jakarta. Namun tak lama berselang, ia pindah ke PSM Makassar (1999-2002) dan mengantarkan Pasukan Ramang juara Liga Indonesia 1999/00.

Performa yang begitu sangat di dalam kotak penalti membuat Miro Baldo dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia oleh pelatih Nandar Iskandar di Piala AFF 1998 dan menjadi top skor.

© sidomi
Miro Baldo Bento saat memperkuat FC Porto Taibesse. Copyright: sidomiMiro Baldo Bento saat memperkuat FC Porto Taibesse.

Bersama Timnas Indonesia Miro Baldo telah membuat tiga gol dari sembilan laga di berbagai ajang. Miro pernah satu tempat dengan Aji santoso, Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, hingga Kurnia Sandi.

Meski sempat menjadi warga negara Indonesia, Miro Baldo Bento akhirnya hengkang dan memilih pindah kewarganegaraan ke Timor Leste pada 2000.

Alhasil, ia kini menjadi pemain asing ketika berkarier di Liga Indonesia. Meski begitu, keterampilannya dalam mencetak gol tak kunjung pudar.

Beberapa klub seperti Perseden Denpasar (2003), Persekaba Badung (2004), Persijap Jepara (2004/05), Persim Minahasa (2006), Persiba Balikpapan (2007), Persela Lamongan (2007), PSBL Langsa (2008/09), dan PSIS Semarang (2010).

Laskar Mahesa Jenar pun menjadi klub terakhir yang dibela Miro Baldo Bento. Sebab pada 2010 ia memilih gantung sepatu alias pensiun dari dunia sepak bola.

© Eyesoccer
Eks pemain Timnas Indonesia Miro Baldo Bento yang pindah warga negara ke Timor Leste Copyright: EyesoccerEks pemain Timnas Indonesia Miro Baldo Bento yang pindah warga negara ke Timor Leste

Akan tetapi pada 2016 lalu, Miro Baldo Bento diketahui bergabung dengan klub Liga Timor Leste FC Porto Taibesse. Namun tak diketahui dengan jelas berapa laga dan gol yang ia buat.

Pada November 2018, Miro Baldo muncul ke permukaan publik Indonesia sebagai lawan. Karena ia dipercaya menjadi asisten pelatih Timnas Timor Leste.

Pertemuan tersebut terjadi di ajang Piala AFF 2018, dimana Timnas Indonesia vs Timor Leste di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Hasilnya Timnas Indonesia sukses mencukur Timor Leste dengan skor 3-1 lewat gol Alfath, Lilipaly, dan Beto. Sedangkan tim lawan membalas melalui Rufino.

Terakhir, mantan striker timnas Indonesia berjuluk dikabarkan menjadi asisten pelatih tim asal Timor Leste bernama Boavista FC.

© Facebook/Miro Baldo Bento
Miro Baldo Bento berfoto bersama klub Boavista Timor. Copyright: Facebook/Miro Baldo BentoMiro Baldo Bento (paling kanan) berfoto bersama tim asuhannya klub Boavista FC iTmor Leste.
1