Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Arema FC vs Persipura Jayapura: Singo Edan Terkam Mutiara Hitam

Kamis, 4 Juli 2019 17:28 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
© IAN SETIAWAN/INDOSPORT
Selebrasi gol Dedik Setiawan atas assist Comvalius di laga Arema FC vs Persipura Jayapura Copyright: © IAN SETIAWAN/INDOSPORT
Selebrasi gol Dedik Setiawan atas assist Comvalius di laga Arema FC vs Persipura Jayapura

INDOSPORT.COM - Arema FC berhasil meraih kemenangan keduanya di Shopee Liga 1 2019 setelah mengalahkan Persipura Jayapura 3-1 di pekan ke-7, Kamis (04/07/19).

Tampil di depan publiknya snediri, Arema FC langsung menggebrak sejak wasit meniup peluit tanda pertandingan di mulai.

Baru lima menit pertandingan berjalan, klub berjuluk Singo Edan itu sudah mendapatkan dua peluang untuk mencetak gol, yang sayangnya masih berujung gagal.

Namun kegagalan itu langsung dibalas tuntas pada menit ke-7. Berawal dari sepakan Comvalius yan gmasih bis adihalau bek Persipura tepat di garis gawang, Makan Konate yang berdiri bebas, tanpa kesulitan menyambut bola muntah dan menciptakan gol. Arema FC 1-0 Persipura Jayapura.

Setelah unggul, Arema FC tak sedikitpun mengendurkan serangannya. Dengan penyerang Sylvano Comvalius sebagai motor utamanya.

Sempat gagal menciptakan gol karena tendangan kerasnnya yang masih bisa dihalau Dede Sulaiman, Comvalius akhirnya berkontribusi lewat umpan matang ke Dedik Setiawan, yang berhasil menciptakan gol kedua Arema FC pada menit ke-20.

Merasa ada yang salah, tim pelatih Persipura Jayapura melakukan perubahan strategi dengan, menarik keluar Ronaldo, dan mengantikannya dengan M. Tahir di menit ke-27.

Pergantian tersebut tampaknya cukup berhasil. karena selepas menit ke-30, Persipura Jayapura mulai berhasil keluar dan lebih menyerang.

Namun upaya serangan Persipura Jayapura masih menemui tembok tebal pertahanan Arema FC. Bahkan sulitnya menembus gawang Arema FC, sempat membuat pemain Persipura Ibrahim Conteh bersitegang dengan Hamka Hamzah di menit ke-43.

Hingga wasit meniup peluit akhir tanda babak pertama usai, keunggulan dua gol tuan rumah di laga pekan ke-7 Liga 1 2019 tak berubah. Arema FC 2-0 Persipura Jayapura.

Babak Kedua

Jalannya babak kedua diwarnai dengan hujan deras yang mengguyur Stadion Gajayana, Malang. Namun hujan tersebut tampak tak mengendurkan anak-anak Mutiara Hitam untuk sesegera mungkin balik mencetak gol ke gawang arema FC.

Mengandalkan serangan dari sisi kanan, Persipura Jayapura mendominasi dan beberapa kali mengancam gawang Arema FC. Salah satunya pada menit ke-59, saat Ibrahim Conteh melepaskan tembakan voli keras.

Beruntung bola yang dilesatkan masih sedikit di atas gawang Utam Rusdiana, sehingga skor 2-0 tak berubah masih untuk Arema FC.

Sial buat Persipura Jayapura, ditengah dominasinya, mereka justru dikejutkan oleh serangan balik cepat Arema FC.

Bermula dari Comvalius yang bisa membuka ruang disisi kiri pertahanan Persipura, penyerang asal Belanda itu menyodorkan bola ke Dedik yang ada di kotak penalti. Sudah berdiri bebas, Dedik tanpa kesulitan kembali mencatatkan namanya di papan skor. Arema Fc 3-0 Persipura Jayapura.

Sudah unggul jauh, Arema FC justru lengah saat pemain Persipura Jayapura Oh In-Kyun bisa berhadapan bebas di muka gawang. Posisi In Kyun itu membuat bek Arema Ikhfanul Alam mendorongnya. Wasit pun tanpa ampun memberikan pelanggaran dan kartu merah kepada Ikhfanul.

Namun peluang tendangan bebas yang kemudian didapat Persipura Jayapura, tak bisa dieksekusi dengan baik oleh Mamadou Samassa.

Upaya tak kenal lelah Persipura Jayapura akhirnya membuahkan hasil di empat menit waktu normal pertandingan. 

Dari tendangan bebas Titus Bonai di sisi kanan, bola yang sempat menyentuh kepala Valentino Telabun, salah diantisipasi Hamka Hamzah yang justru mengarahkannya ke gawang. Arema FC 3-1 Persipura Jayapura.

Meski terus berusaha, hingga wasit meniup peluit akhir, tak ada lagi tambahan gol tercipta. Arema FC 3-1 Persipura Jayapura di laga pekan ke-7 Liga 1 2019.

Susunan Pemain

Arema FC (4-3-3): Utam Rusdiana; Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Ikhfanul Alam, Alfarizie; Hendro Siswanto, Jayus Hariono, Makan Konate; Dendi Santoso, Comvalius, Dedik Setiawan.

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman; Yustinus Pae, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Valentino Telabun; Ian Kabes, Ibrahim Conteh, Ronaldo Meosido; Oh In-Kyun, Mamadou Samassa, Titus Bonai.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%