Liga Indonesia

Jelang Piala AFF, Timnas U-19 Jajal Kemampuan Klub Liga 1

Sabtu, 6 Juli 2019 11:22 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© Shintya Maharani/INDOSPORT
Suasana pemusatan latihan (training center) Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang pada Senin (01/07/19). Copyright: © Shintya Maharani/INDOSPORT
Suasana pemusatan latihan (training center) Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang pada Senin (01/07/19).

INDOSPORT.COM – Ajang bergengsi Piala AFF U-19 2019 di Vietnam akan segera dihelat mulai 5 Agustus mendatang. Pelatih Fakhri Husaini masih mencoba meracik strategi dan melakukan seleksi pemain yang sesuai dengan kebutuhannya untuk skuat utama Timnas U-19.

Sejauh ini terdapat 33 pemain yang menjalani seleksi tahap akhir di Cikarang, Jawa Barat. Jumlah tersebut akan semakin dikurangi seiring berjalannya seleksi di sepanjang bulan Juli 2019.

Salah satu cara untuk mengerucutkan pemain adalah dengan melakukan ujicoba. Dalam waktu dekat, Timnas U-19 akan menjajal kemampuan salah satu klub dari Liga 1 yakni Barito Putera U-20. Adapun laga ujicoba akan dilangsungkan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (07/07/19).

Hal tersebut dibenarkan langsung oleh pelatih Barito Putera U-20, Abunawas. Menurutnya, laga ujicoba menghadapi pemain seleksi Timnas U-19 akan menjadi tolak ukur bagi skuat Laskar Antasari untuk mempersiapkan tim jelang kick off Liga 1 U-20, sekaligus membantu dalam merumuskan pemain yang akan membela Timnas Indonesia di Piala AFF U-19.

“Kamis (sudah) ujicoba sama tim MSG, dan hari Minggu-nya ujicoba sama Timnas U-19 di Cikarang,” sebut Abunawas.

Dengan demikian, laga ujicoba tersebut akan menjadi pertaruhan bagi enam pemain Barito Putera yang saat ini tengah mengikuti seleksi Timnas U-19, yakni Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, Yudha Febrian, David Maulana, Rafly Ariyanto, serta Arda Alfareza.

Keenam pemain tersebut saat ini masih berstatus sebagai penggawa Barito Putera U-18 yang berkompetisi di Elite Pro Academy Liga 1 U-18. Barito Putera menjadi penyumbang pemain seleksi Timnas U-18 terbanyak sejauh ini, sekaligus menjadi pemuncak klasemen sementara di Grup B Liga 1 U-18.