Bola Internasional

Ikut-ikut Malaysia, Vietnam Akan Naturalisasi Kiper dari Negara Kelahiran Petr Cech

Minggu, 14 Juli 2019 14:33 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Isman Fadil
© aseanfootball.org
Perayaan juara Vietnam di Piala AFF 2018 Copyright: © aseanfootball.org
Perayaan juara Vietnam di Piala AFF 2018

INDOSPORT.COM - Wabah naturalisasi pemain untuk memperkuat tim nasional tidak hanya sedang menyerang Malaysia, tetapi juga merembet ke negara Asia Tenggara lainnya, Vietnam.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) baru-baru ini telah mendaftarkan nama Guilherme de Paula (Brasil) dan  (Kosovo) untuk dinaturalisasi. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat tim nasional mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia U-23.

Langkah ini juga diikuti oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Menurut Bongda.vn, VFF sedang berupaya menaturalisasi kiper dari negara kelahiran Petr Cech, Ceko, yakni Filip Nguyen. Bahkan, proses perpindahan kewarganegeraan itu berjalan lancar.

Kabar tersebut disambut baik oleh Park Hang-seo selaku pelatih Timnas Vietnam. Kiper berdarah Ceko itu bisa menjadi opsi di bawah mistar pasukan Golden Star untuk berjuang di even internasional.

"Menurut Sekretaris Jenderal VFF Le Hoai Anh, proses naturalisasi kiper Vietnam di Ceko, Filip Nguyen, berlangsung dengan cukup lancar. Karena itu, Filip Nguyen dapat kembali ke kampung halamannya selama beberapa hari untuk secara resmi menjadi warga negara Vietnam," tulis Bongda.vn.

"Keinginan Filip Nguyen untuk kembali ke Vietnam jelas merupakan kabar baik bagi Park Hang-seo ketika ada pilihan yang sangat besar untuk posisi penjaga timnya di Kualifikasi Dunia," imbuhnya.

Filip Nguyen merupakan kiper 26 tahun yang selama ini berkarier di Ceko, dengan membela berbagai tim seperti Sparta Prague, Novy Bydzov, dan Vlasim. Saat ini, ia tercatat sebagai kiper Slovan Liberec, klub kasta teratas kompetisi sepak bola Ceko.

Filip Nguyen tidak akan menjadi satu-satunya pemain di Vietnam yang memiliki darah Eropa. Saat ini, di skuat Golden Star juga memiliki kiper Dang Van Lam yang berdarah Rusia.