Liga Indonesia

Hasil Liga 1 2019 Persipura Jayapura vs Madura United: Debut Manis Jacksen F Tiago

Selasa, 16 Juli 2019 15:31 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
© liga1match
Boaz Solossa melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Madura United. Copyright: © liga1match
Boaz Solossa melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Madura United.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura berhasil meraih kemenangan perdananya di Liga 1 2019 setelah mengalahkan Madura United 1-0 di pekan kesembilan, Selasa (16/07/19).

Bermain di kandang sendiri, Persipura Jayapura terlihat hendak mendominasi pertandingan sejak wasit meniup peluit awal laga.

Meski sempat mendapatkan perlawanan Madura United, upaya Persipura Jayapura pun mampu membuahkan hasil cepat, tepat di menit ke-9.

Berawal dari pelanggaran pemain Madura United, tendangan bebas yang diambil Todd Rivaldo Ferre mampu menusuk tajam ke kotak penalti.

Bola yang tak bisa diantisipasi baik pemain belakang Madura United, membuat Boaz Solossa yang lolos dari penjagaan, mencocor mudah dan membuat tuan rumah unggul. Persipura Jayapura 1-0 Madura United.

Selepas unggul, permainan anak-anak Mutiara Hitam terlihat semakin tenang. Mereka pun sempat kembali mendapatkan peluang emas lewat Boaz Solossa. Namun sepakan Boaz yang sudah melewati penjaga gawang, berhasil disapu bek Madura, sebelum bola melewati garis.

Madura United sebenarnya juga sempat mampu mencominasi di sekitar menit ke-15 hingga menit ke-20. Namun kemudain Persipura Jayapura akhirnya balik bisa mendominasi.

Mendekati penghujung babak ekdua, Madura United sempat mendapatkan pelaung lewat Zulfiandi. Tetapi mendapatkan bola liar di depan kotak penalti, tembakan gelandang Timnas Indonesia justru melambung tinggi dan tak menghasilkan apa-apa.

Begitupun upaya dengan cara yang sama oleh Fandi Imbiri pada masa injurytime, yang hanya tipis di sisi kanan gawang Persipura Jayapura.

Babak pertama pun berakhir, Persipura Jayapura 1-0 Madura United.

Babak Kedua

Di babak kedua tempo pertandingan mulai meningkat lebih cepat. Untuk serangan, masih didominasi tuan rumah, kendati Madura United juga tetap terlihat ngotot mengejar ketertinggalannya.

Bermain di depan publik Stadion Mandala, Jayapura, Mutiara Hitam di babak kedua ini berhasil menciptakan beberapa peluang berbahaya.

Di menit ke-64 misalnya, dari tendangan bebas yang dieksekusi Titus Bonai, Persipura berpeluang unggul, andai penjaga gawang M. Ridwan tak bisa menepis bola yang meluncur ke sisi kanannya.

Berkali-kali juga kecepatan Titus Bonai, Boaz hingga Lucas Mandowen berhasil membuat Fandi Imbiri dan kawan-kawan harus berjibaku di lini belakang Madura United.

Menit ke-82, tandukan Boaz berhasil memperdaya penjaga gawang, namun sepeti di babak pertama, usaha kapten Persipura itu tak membuahkan hasil, setelah bol adi halau bek Madura sebelum benar-benar masuk ke gawang.

Tanpaa adanya peluang berarti dan gol lagi tercipta, Persipura Jayapura pun berhasil menyudahi perlawanan Madura United, 1-0. Sekaligus meraih kemenangan perdananya di Liga 1 2019.

Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-2-1): Deden Sulaiman; Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, André Ribeiro, Valentino Telabun; Oh In-kyun, Ibrahim Conteh, M. Tahir; Boas Solossa, Todd Ferre; Titus Bonai.

Madura Unted (4-3-3): M. Ridwan; Markho Sandy, Fandi Imbiri, Fachruddin, Rendika Rama; Zulfiandi, Asep berlian, Al Fathier; Beto, Rakic, David Laly.