Liga Indonesia

Fakta Tersembunyi Kiper M Ihsan, Titisan Legenda Brasil Pencetak Gol Spektakuler di Liga 3

Sabtu, 27 Juli 2019 10:07 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Media PSCS Cilacap
Kiper M Ihsan Ramadhani berselebrasi saat masih berkostum PSCS Cilacap, musim lalu Copyright: © Media PSCS Cilacap
Kiper M Ihsan Ramadhani berselebrasi saat masih berkostum PSCS Cilacap, musim lalu

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 3 Jawa Tengah memunculkan kisah heroik dari kiper Persipa Pati, M Ihsan Ramadhani. Penjaga gawang berusia 22 tahun itu mencetak gol spektakuler ke gawang Persipur Purwodadi di Stadion Krida Bhakti, Rabu (24/07/19), sekaligus memastikan timnya mencuri satu angka.

Gol itu bermula saat Persipa mendapat peluang terakhir lewat tendangan sudut. Ihsan ikut maju dan mendapat bola muntah langsung melepaskan sepakan first time dengan kaki kiri dari luar kotak penalti yang meluncur mulus ke pojok gawang tuan rumah.

Mantan kiper Persis Solo Junior itu bukan sekali ini saja mencetak gol. Musim lalu saat masih memperkuat PSCS Cilacap di Liga 3, jebolan PPLP Jawa Tengah itu menyumbang dua gol lewat titik penalti, mirip legenda Timnas Brasil, Rogerio Ceni.

Ada fakta tersembunyi yang didapat INDOSPORT kala berbincang dengan kiper berusia 22 tahun tersebut. Ihsan memang rajin mengasah tendangan secara mandiri.

"Saya memang sering bermain tendangan sendiri saat jeda latihan. Terutama kaki kiri yang sudah terasah setiap hari," ungkap Ihsan, Sabtu (27/07/19).

"Termasuk gol kemarin saya sudah feeling. Saat bola diheading lawan, saya mencoba mundur mencari posisi yang pas sebelum melepas tendangan," tambah dia.

Ihsan bercerita, sebelum mantap menjadi penjaga gawang, dirinya awal bermain bola memang berposisi sebagai penyerang, winger, dan stopper saat masih bergabung sebuah Sekolah Sepak Bola (SSB) di Solo. Dari situlah, "bakat" mencetak golnya sudah terasah.

"Setelah kelas 5 SD, saya mulai mantap menjadi kiper. Ternyata rejekinya memang datang dari posisi itu sampai sekarang," ujar pengidola kiper Timnas Jerman, Manuel Neuer itu.

Kini Ihsan bersama Persipa berjuang untuk mewujudkan cita-cita promosi dari Liga 3 ke Liga 2. Prestasi itu juga dirinya dapatkan saat membawa PSCS Cilacap promosi ke kasta kedua, musim lalu.

"Harapan saya tahun ini ingin membuat sejarah lagu untuk persipa naik kasta, seperti di PSCS kemarin. Masalah gol, itu rezeki tambahan dan situasi saat pertandingan saja," tegas jebolan PPLP Jawa Tengah tersebut.