Bola Internasional

SEA Games 2019: Media Vietnam Sebut Lapangan Sintetis Rugikan Indonesia

Minggu, 28 Juli 2019 18:49 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PSSI
Lapangan rumput sintetis disebut bisa jadi hambatan Timnas Indonesia U-23 dalam ajang SEA Games 2019 di Filipina. Copyright: © PSSI
Lapangan rumput sintetis disebut bisa jadi hambatan Timnas Indonesia U-23 dalam ajang SEA Games 2019 di Filipina.

INDOSPORT.COM - SEA Games 2019 bakal diselenggarakan di Filipina. Pada edisi kali ini, ada tantangan bagi para peserta cabang olahraga (cabor) sepak bola, karena semua venue pertandingan akan dihelat di lapangan sintetis.

Ada tiga venue yang dipersiapkan untuk perhelatan SEA Games 2019, yakni Stadion Rizal Memorial, UMAK Football Stadium, dan Binan Football Stadium. Ketiganya berada di Manila dan menggunakan rumput sintetis.

Media berita olahraga Vietnam, Bongda.vn, pun menilai lapangan sintetis bisa merugikan empat negara, yakni Vietnam, Thailand, Indonesia, Malaysia. Sebab, keempat negara itu tidak terbiasa menggunakan rumput buatan.

"Ketiga stadion (SEA Games 2019) memiliki lapangan rumput buatan dengan standar yang disetujui oleh AFC," tulis Bongda.vn.

"Namun, ini akan menyebabkan banyak kesulitan bagi tim yang berpartisipasi, terutama tim papan atas seperti Vietnam, Thailand, Indonesia, Malaysia, yang tidak terbiasa bermain di rumput buatan," lanjutnya.

Namun, Timnas Indonesia U-22 sendiri sudah pernah merasakan rumput sintetis kala mengarungi Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja. Witan Suleman dan kolega pun mampu beradaptasi dengan baik. 

Nyatanya, dalam turnamen tersebut, Timnas Indonesia U-22 berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 di partai final.