Liga Indonesia

Pelatih Eropa Ini Dukung Aksi 'Kabur' Persija Jakarta di Leg Kedua Final Piala Indonesia 2018

Rabu, 31 Juli 2019 13:16 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Eropa ini dukung aksi 'kabur' Persija Jakarta dalam leg kedua final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018 kontra PSM Makassar, Minggu (28/7/2019) sore WIB.

Leg kedua final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018 antara PSM Makassar vs Persija Jakarta sendiri sejatinya bakal berlangsung pada pekan lalu. Namun jelang kick off dimulai tim tamu Persija malah menolak bertanding dengan alasan keamanan.

PSSI selaku induk federasi sepak bola Indonesia melalui Sekretaris Jendral (Sekjen) Ratu Tisha Destria, juga ikut mengonfirmasi penundaan final leg kedua Kratingdaeng Piala Indonesia 2018 tersebut.

“Atas dasar pertimbangan keamanan dan kenyamanan, laga leg kedua final Kratingdaeng Piala Indonesia kami tunda. PSSI akan segera mengumumkan waktu dan tempat pelaksanaan pertandingan,” ujarnya.

Keputusan ini diumumkan menyusul insiden pelemparan batu ke arah bus Persija oleh sekelompok oknum suporter pada Sabtu (27/07/19). Insiden tersebut melukai kepala salah seorang staf tim Macan Kemayoran yang berada di dalam bus.

Sempat menuai pro dan kontra, namun dukungan serta apresiasi justru diberikan Fabio Lopez salah seorang pelatih asal Eropa terhadap aksi 'kaburnya' Persija Jakarta di leg kedua final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018.

Menurutnya, apa yang dilakukan Persija sangatlah benar dan mantan pelatih Borneo FC serta PSMS Medan itu juga menilai harus ada dispensasi bagi Macan Kemayoran yang membatalkan pertandingan karena alasan keamanan.

"Tentang reaksi Persija saya setuju 100 persen dengan keputusan mereka meninggalkan stadion. Jika mereka pergi karena alasan keamanan, dalam kasus ini harus ada keringanan bagi mereka (Persija) dan penggemar yang melakukan aksi anarkis haruslah mendapat sanksi," ucap Fabio Lopez kepada redaksi INDOSPORT.COM

"Tentu saja. Ini sepak bola, olahraga, bukan sebuah perang," tambahnya.

PSSI sendiri telah menetapkan jadwal ulang final leg kedua Kratingdaeng Piala Indonesia antara PSM Makassar vs Persija Jakarta, di mana laga tersebut bakal digelar pada hari Selasa (06/08/19), pukul 15.30 WIB di Stadion Andi Mattalata, Makassar, Sulawesi Selatan.