Bola Internasional

Bukan Ronaldo atau Messi, Ini Pilihan Simon McMenemy untuk Jadi Pemain Terbaik Dunia 2019

Jumat, 2 Agustus 2019 11:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Simon McMenemey saat melihat pertandingan Persebaya vs Persib di Stadion GBT. Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Simon McMenemey saat melihat pertandingan Persebaya vs Persib di Stadion GBT. Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - FIFA secara resmi telah mengumumkan daftar 10 nominasi pesepak bola pria terbaik 2019 pada Rabu (31/07/19) lalu. Daftar tersebut dihimpun oleh panel ahli yang ditunjuk FIFA berdasarkan pantauan selama 6 Juli 2018 hingga 19 Juli 2019.

Sepuluh nama tersebut adalah Virgil van Dijk, Mohamed Salah, Sadio Mane. Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Eden Hazard, Harry Kane, Kylian Mbappe, Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt. Nama-nama tersebut akan bersaing dan dipilih berdasarkan voting kapten dan pelatih Timnas dari seluruh dunia.

Oleh sebab itu, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy pun ikut andil. Menariknya, ia enggan memilih dua superstar sepak bola yakni Ronaldo ataupun Messi, melainkan menunjuk bek tangguh Liverpool, Virgil van Dijk sebagai pemain terbaik FIFA 2019. 

Simon menilai, pemain Timnas Belanda itu layak jadi pemain terbaik FIFA 2019, sebab Virgil berperan penting dalam perjalanan Liverpool meraih juara Liga Champions musim 2018/2019, dan membawa Belanda lolos ke final UEFA Nations League.

"Virgil Van Dijk, semua pemain di posisi menyerang biasanya lebih mendapat pengakuan tetapi Van Dijk telah menjadi sumber kekuatan dan kemampuan untuk klub maupun negaranya. Untuk Liverpool dia menjadi pembeda yang mengantar mereka ke tangga juara Liga Champions, dan untuk Belanda, dia membawa mereka ke final Nations League," kata Simon McMenemy sesuai rilis PSSI.

"Bagi saya dia pemain paling komplet di posisinya di dunia sepak bola. Sementara, di posisi-posisi lain ada ruang untuk perdebatan," jelas pelatih asal Skotlandia tersebut.

Voting melalui pilihan kapten dan pelatih Timnas seluruh dunia hanya berkekuatan 50 persen dalam penentuan pemain terbaik. Sementara 50 persen lagi akan ditentukan pada tahap berikutnya, yakni hasil pemilihan dari fans lewat situs resmi FIFA dan 200 perwakilan media yang diseleksi dari seluruh dunia.

Nantinya, pengumuman pemenang ataiu penghargaan pemain terbaim dunia dilangsungkan pada 23 September 2019 di kota Milan, Italia.