Bola Internasional

Debut di Liga Belgia, Striker Vietnam Ini Jadi Ancaman Nyata Timnas Indonesia

Sabtu, 3 Agustus 2019 11:34 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© GETTYIMAGES
Nguyen Cong Phuong, saat membela Timnas Vietnam. Copyright: © GETTYIMAGES
Nguyen Cong Phuong, saat membela Timnas Vietnam.

INDOSPORT.COM - Striker Timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong, tak butuh waktu lama untuk unjuk gigi di Eropa. Ia akhirnya mendapat kesempatan tampil bersama Sint-Truidense VV pada pekan ketiga Jupiler Pro League atau kasta teratas liga Belgia.

Cong Phuong melakoni debut saat Sint-Truiden VV menyambangi markas Club Brugge, Sabtu (03/08/19). Ia bermain selama 20 menit setelah menggantikan Alexander De Bruyn pada menit ke-70.

Sayangnya, debut Cong Phuong di Eropa tidak berakhir manis. Ia bersama timnya dipaksa menelan kekalahan yang sangat telak, yakni enam gol tanpa balas.

Terlepas dari hasil minor, Cong Phuong berhasil mencatatkan sejarah untuk negaranya. Ia menjadi pemain Vietnam kedua yang berhasil tampil di kompetisi Eropa.

Orang pertama Vietnam yang berhasil menembus kompetisi di Eropa adalah Le Cong Vinh yang bermain bersama Leixoes FC di Liga Portugal pada musim 2019/10.

Vietnam adalah lawan Indonesia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Selain melawan juara Piala AFF 2018 itu, skuat Garuda juga akan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA), Malaysia, dan Thailand.

Pertandingan antara Indonesia versus Vietnam akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2019. Dengan pengalamannya di Belgia, Nguyen Cong Phuong akan semakin menjadi ancaman bagi gawang Garuda.