Liga Indonesia

Analisis Pertandingan Piala AFF U-18 Indonesia vs Filipina: Unggul di Semua Aspek

Selasa, 6 Agustus 2019 19:46 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-18 sukses menggulung tamunya Filipina 7-1 dalam laga perdana Grup A Piala AFF U-18 di Di An Football Field, Vietnam, Selasa (06/08/19). 

Tujuh gol Timnas Indonesia dicetak oleh Sutan Zico (2'). Fajar (16'), Bagus Kahfi (19' dan 23'), David Maulana (40'), Supriadi (79' dan 90'). Sementara gol balasan Filipina dibuat oleh Dorin pada menit 47'.

Indonesia benar-benar tampil agresif dan dominan di laga ini. Skuat asuhan Fakhri Husaini sudah mendominasi pertandingan sejak peluit babak pertama. 

Mengandalkan pemain-pemain alumni Garuda Select seperti Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, Brylian Aldama, Sutan Zico, dan Supardi, tim nasional mampu tampil agresif dengan permainan dari kaki ke kaki.

Gaya permainan ala Timnas U-16 belum lepas dari Timnas U-18. Maklum, selain dihuni pemain-pemain yang sama, Timnas U-18 juga dilatih oleh Fakhri Husaini yang notabene mantan pelatih tim U-16. 

Secara permainan, Timnas Indonesia unggul jauh dari Filipina. Bisa dibilang, Garuda Nusantara unggul di segala lini, baik itu lini pertahanan, tengah, depan, maupun aspek mental. 

Hal ini terlihat sekali di babak pertama di mana skuat asuhan Fakhri Husaini memegang kendali lapangan tengah. 

Sosok Brylian Aldama memegang peranan penting karena dari dirinya serangan Timnas Indonesia dibangun. 

Selain unggul dari sisi taktik dan kematangan, pemain Indonesia juga memiliki teknik yang jauh lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan gol yang dicetak oleh Bagus Kahfi maupun Sutan Zico. 

Pada babak kedua permainan Indonesia sempat mengendur. Filipina melakukan tekanan yang cukup baik. 

Namun, di pertengahan hingga ujung babak kedua, kondisi kembali aman terkendali setelah Timnas Indonesia U-19 bermain lebih tenang. Bahkan, Indonesia kembali menambah dua gol berkat aksi Supriadi.