Liga Indonesia

3 Kandidat Pelatih Eropa yang Bisa Angkat Performa PSIS di Liga 1 2019

Jumat, 9 Agustus 2019 20:38 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Terdapat 3 kandidat pelatih asal Eropa yang tampaknya bisa angkat performa PSIS Semarang di sisa pertandingan Liga 1 2019.

PSIS Semarang telah memberhentikan juru taktik Jafri Sastra, Kamis (08/08/19) kemarin, lantaran dalam tiga laga terakhir Laskar Mahesa Jenar kalah beruntun.

Hal tersebut membuat Jafri Sastra menjadi pelatih ketujuh yang dilepas oleh klub peserta Liga 1 2019 di tengah jalan. Tentunya manajemen tengah mencari nama yang pas untuk menangani PSIS.

General Manager PSIS Wahyu Winarto menjelaskan kalau saat ini manajemen tengah mencari penggantinya. Namun dirinya belum mau membocorkan siapa.

"Intinya kami terus melakukan komunikasi untuk menentukan pelatih baru yang bisa membawa kebangkitan untuk PSIS, bisa lokal bisa asing," ujar Wahyu kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (09/08/19).

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang, Jafri Sastra. (Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT) Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTEks pelatih PSIS Semarang, Jafri Sastra. (Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT)

Saat ini kursi kepelatihan PSIS diisi oleh asisten Widiyantoro, Diretur Akademi M. Ridwan, dan Direktur Teknik Bambang Nurdiansyah untuk sementara waktu.

Dengan begitu teka-teki pelatih baru mashi belum diketahui. Namun PSIS bisa melirik sederet pelatih asal Eropa untuk menukangi Laskar Mahesa Jenar di Liga 1 2019.

1. Ivan Venkov Kolev

© Muhammad Nabil/INDOSPORT
Pelatih Persija, Ivan Kolev memberikan penjelasan tentang materi latihan pada sore tadi kepada awak media Copyright: Muhammad Nabil/INDOSPORTPelatih Persija, Ivan Kolev memberikan penjelasan tentang materi latihan pada sore tadi kepada awak media

Pelatih asal Eropa yang bisa dilirik oleh PSIS salah satunya ialah Ivan Venkov Kolev. Pelatih kelahiran Bulgaria ini tampaknya bisa mengangkat performa PSIS.

Lantaran Ivan Kolev telah lama berkecimpung di dunia sepak bola Indonesia. Maka dari itu dalam situasi transisi di tengah turnamen tak ada salahnya memilih Ivan Kolev.

Meski performa di Persija dan PS TNI (TIRA-Persikabo) dulu tak begitu bagus. Namun Ivan Kolev sempat sukses membangun pondasi Persija pada 1999 dan 2000.

Sebab pada 2001, Persija Jakarta sukses meraih gelar juara Liga Indonesia meski tanpa Ivan Kolev (yang dipanggil untuk melatih Timnas Bulgaria U-21).

2. Fabio Lopez

© Ronald Seger/INDOSPORT
Fabio Lopez pelatih Borneo FC dalam jumpa pers Copyright: Ronald Seger/INDOSPORTFabio Lopez, eks pelatih Borneo FC dalam jumpa pers.

Lalu ada pelatih asal Eropa lainnya, yaitu Fabio Lopez yang bisa dilirik oleh PSIS untuk mengisi pos kepelatihan yang ditinggal oleh Jafri Sastra.

Pelatih asal Italia ini pernah menangani klub Liga 1, yakni Borneo FC di ajang Piala Presiden 2019. Namun dirinya dianggap gagal oleh manajemen Pesut Etam.

Meski begitu Fabio Lopez sempat menyatakan keinginannya untuk kembali berkiprah di Liga 1 lantaran Fabio masih penasaran.

"Saya bisa kembali ke Liga Indonesia, asalkan salah satu dari tim besar di Liga 1 yang menghubungi," ujar Fabio saat dihubungi langsung oleh INDOSPORT, Rabu (03/07/19).

3. Peter Butler

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTEks pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler.

Berikutnya ada pelatih asal Eropa berkebangsaan Inggris Peter Butler yang bisa didatangkan PSIS  pada sisa pertandingan Liga 1 2019 putaran pertama.

Peter Butler sempat membuat mantan tim asuhannya, yakni Persipura Jayapura tak terkalahkan dalam lima pertandingan awal Liga 1 2018 dan bertengger di urutan pertama.

Kala di Persipura, Peter Butler juga mampu mengorbitkan beberapa pemain muda bertalenta. Maka dari itu tak ada salahnya PSIS memasukan namanya dalam daftar.