Liga Indonesia

Resmi! Arema FC Batal Rampungkan Putaran Pertama Liga 1 dengan Cara Normal

Sabtu, 10 Agustus 2019 15:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo Arema FC. Copyright: © INDOSPORT
Logo Arema FC.

INDOSPORT.COM - Arema FC dipastikan minus satu laga saat menutup putaran pertama kompetisi Shopee Liga 1 2019 sebagai buntut dari belum ditetapkannya jadwal pengganti pertandingan tunda pekan ke-5 kontra PSM Makassar.

Kepastian itu meluncur langsung dari perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi saat menghadiri hajatan Iwan Budianto di Stadion Gajayana Kota Malang, Kamis (8/8/19), malam.

"Dengan kondisi sekarang, sudah tidak mungkin menyelipkan jadwal yang tertunda itu (Arema FC vs PSM Makassar) di putaran pertama," kata Manajer Kompetisi PT LIB, Asep Saputra, kepada awak media di Malang.

Satu hal yang melegakan, PT LIB mengaku sudah mengantongi draft jadwal pengganti Arema FC. Jadwal baru bisa berada di pertengahan September atau Oktober yang sekaligus sudah masuk putaran kedua kompetisi.

Ada juga opsi untuk merangkumnya bak pertemuan di turnamen. Laga tandang Arema FC ke Makassar besar kemungkinan ditetapkan sekitar pertemuan kedua tim pada 5 Oktober di Stadion Kanjuruhan nanti.

"Bisa juga demikian. Yang pasti, jadwalnya sudah ada di kami meski belum ditetapkan. Tak hanya Arema FC saja. Kami juga masih punya hutang delapan pertandingan tunda lain akibat FIFA Matchday dan Piala Indonesia," tandas Asep Saputra.

Kepastian ini membuat Arema FC hanya akan berlaga 16 kali di putaran pertama kompetisi karena minus satu laga away ke markas PSM Makassar yang seharusnya digelar pada 23 Juni lalu. Normalnya setiap tim Liga 1 menyelesaikan 17 laga sebelum putaran kedua.