In-depth

Menakar Masa Depan Robert Alberts Bersama Persib Bandung, Dipertahankan atau Didepak?

Senin, 19 Agustus 2019 12:57 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts

INDOSPORT. COM - Robert Rene Alberts dalam waktu dekat mungkin akan mulai dirisaukan dengan status dan masa depannya sebagai pelatih Persib Bandung. Ia belum tentu didepak, tapi peluangnya untuk angkat kaki juga cukup besar. 

Persib Bandung lagi-lagi harus menderita kekalahan. Pada laga lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-15, Persib Bandung yang berjumpa PSM Makassar harus menyerah 1-3.

Kekalahan ini jelas makin menambah noda dalam karier kepelatihan Robert Rene Alberts. Juru taktik asal Belanda itu sudah dalam enam laga terakhir gagal memberikan kemenangan untuk anak asuhnya.

Soal raihan di tabel klasemen, tak kalah mirisnya. Persib Bandung yang musim lalu bisa bersaing di papan atas, kini hanya menempati posisi 11 klasemen sementara dengan torehan 15 poin.

Melihat manajemen Persib Bandung yang terkenal tegas dalam mengambil kebijakan, sepertinya membuat posisi Robert Rene Alberts terancam. Lihat saja kisah tiga pemain asing Persib Bandung, Bojan Malisic, Rene Mihelic, dan Artur Gevorkyan, yang tampil tidak maksimal dan pasti didepak pada bursa transfer jelang putaran kedua nanti.

Apalagi, torehan Robert Rene Alberts juga tak terlalu mengesankan. Skema yang dibuat Robert Rene Alberts, membuat Persib Bandung kini menjadi tim ketiga di Liga 1 2019 dengan jumlah kebobolan paling banyak, yakni 24 gol.

Namun tunggu dulu, Robert Rene Alberts sepertinya masih punya magis yang bisa membuatnya tetap aman. Perlu dicatat baik-baik, Robert Rene Alberts itu merupakan pelatih pengganti Milan Radovic, dan komposisi skuat Persib Bandung yang sekarang bukanlah murni hasil rancangannya.

Jebolan Ajax Amsterdam ini juga punya reputasi yang cemerlang. Lihat saja pada gelaran Liga 1 2017 dan Liga 1 2018, Rene Alberts yang masih melatih PSM Makassar tak pernah gagal membawa timnya bercokol di tiga besar papan atas klasemen.

Magis yang diperlihatkan Robert Rene Alberts, makin ketara bila dibandingkan dengan nama-nama pelatih dari tim lainnya. Mari berkaca kepada sosok Djajang Nurdjaman, pelatih yang juga pernah menangani Persib Bandung ini beberapa waktu lalu mendapat pemecatan dari Persebaya Surabaya.

Sebelum dipecat Persebaya Surabaya, Djanur, sapaan akrabnya, dalam enam laga terakhir mampu memberikan satu kali kemenangan, tiga kali hasil imbang, dan dua kekalahan. Secara tabel klasemen, Persebaya Surabaya ketika memecat Djanur juga masih dalam posisi terbilang aman, yakni peringkat tujuh.

Capaian seperti Djanur saja mendapat pemecatan dari klubnya. Sementara Robert Rene Alberts, yang sudah tak memberikan satu pun kemenangan dalam enam laga terakhir, dan membawa Persib Bandung hanya duduk di peringkat 11, hingga kini nampak masih aman-aman saja posisinya.

Satu jaminan yang sekiranya akan membuat Roberts Rene Alberts bertahan. Persib Bandung pada putaran kedua nanti bakal kedatangan tiga pemain asing anyar, Kevin van Kippersluis (penyerang-Belanda), Nick Kuipers (bek-Belanda) dan Omid Nazari (gelandang-Filipina).

Ketiga pemain asing anyar itu diyakini datang berkat rekomendasi dan hasil penilaian Robert Rene Alberts. Jadi, manajemen Persib Bandung kemungkinan besar akan memberikan kesempatan bagi pelatih berusia 64 tahun ini untuk meramu skuat yang hasil rancangannya sendiri.