Bola Internasional

Penonton Gaib hingga Aksi Boikot, Klub Jerman Ini Berulah saat Debut Bundesliga

Senin, 19 Agustus 2019 12:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images/Bundesliga.com
Pendukung Union Berlin membawa spanduk orang meninggal saat debut di Bundesliga Jerman melawan Rb Leipzig, Minggu (18/08/19) Copyright: © Getty Images/Bundesliga.com
Pendukung Union Berlin membawa spanduk orang meninggal saat debut di Bundesliga Jerman melawan Rb Leipzig, Minggu (18/08/19)

INDOSPORT.COM – Klub promosi Bundesliga Jerman 2019/20, Union Berlin, sukses membuat debutnya tak terlupakan sepanjang sejarah. Para pendukung menghadirkan penonton gaib hingga melakukan aksi protes terhadap tim lawan, RB Leipzig.

Bermain di kandang sendiri, Alte Forsterei, Union Berlin berkesempatan untuk menjamu RB Leipzig, sebagai penanda debutnya di turnamen kasta tertinggi Liga Jerman, Bundesliga Jerman, Minggu (18/08/19).

Dilansir dari situs resmi Bundesliga, debut tim yang menang di babak playoff atas VfB Stuttgart itu, menjadi catatan sejarah, menyusul dua aksi yang dilakukan oleh pendukung setiap mereka di tribune penonton.

Sejumlah pendukung diketahui melakukan tribute kepada para suporter setia yang meninggal dunia tanpa sempat melihat Union Berlin melangkah ke Bundesliga untuk pertama kalinya.

Tribute atau penghormatan tersebut dilakukan dengan cara tak biasa. Mereka menyelipkan 455 penonton dari 22,467 kehadiran yang tercatat. Jumlah itu sendiri melebihi kapasitas Stadion Alte Forsterei sebanyak 22.012.

Rupanya, 455 penonton tersebut diwakili oleh spanduk foto wajah berukuran 70x70 sentimeter, yang diketahui merupakan penonton yang sudah meninggal dunia.

Sejumlah 455 penonton tak terlihat itu sendiri bahkan juga mengantongi tiket resmi yang senjaga dibeli oleh komunitas pendukung Union Berlin, Eisern V.I.R.U.S. dan Eisernen Botschaftern.

Spanduk itu diangkat secara bersama-sama ketika para pemain Union Berlin tiba di lapangan dan menyanyikan lagu kebangsaan sebelum kick-off dimulai.

Selain aksi tribute tersebut, para pendukung Union Berlin juga melakukan aksi boikot dengan tidak membuat suara apapun selama 15 pertama pertandingan babak pertama.

Ketika 15 menit sudah berlalu, perlahan-lahan mereka menciptakan suara yang makin lama makin kencang sehingga membuat siapapun yang menontonnya akan merinding.

Aksi boikot ini ditengarai sebagai bentuk protes fans Union Berlin terhadap RB Leipzig yang telah melangkah ke Bundesliga Jerman dengan cara kotor. RB Leipzip diketahui mendapatkan suntikan dana dari sponsornya guna membantu kestabilan klub.

Terlepas dari dua aksi tak terlupakan tersebut, Union Berlin justru harus dipermalukan oleh RB Leipzig. Di hadapan penonton sendiri, mereka dibantai tim tamu dengan skor telak 4-0.