Bola Internasional

2 Negara Mundur, AFF Dukung Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Selasa, 27 Agustus 2019 18:52 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stadion Gelora Bung Karno dinilai cocok menggelar Piala Dunia U-20 2021 Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stadion Gelora Bung Karno dinilai cocok menggelar Piala Dunia U-20 2021

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola ASEAN atau AFF memberikan dukungan penuh ke PSSI dan Indonesia untuk maju sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Dukungan penuh ini diberikan setelah dua negara lainnya yakni Thailand dan Myanmar, yang sebelumnya juga ikut pencalonan sebagai tuan rumah bersama, menyatakan mundur.

"Kami menyambut perkembangan terbaru dan saya ingin menegaskan dukungan terhadap Indonesia dalam upaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021," kata President AFF Mayor Jenderal, Khiev Sameth.

Dengan mundurnya Thailand dan Myanmar sebagai tuan rumah bersama, maka Indonesia kini akan bersaing dengan lima negara lainnya untuk menggelar pesta sepak bola terbesar sejagat raya itu. Negara pesaing tersebut adalah Brasil, Peru, dan tiga negara Arab yang menjadi tuan rumah bersama yakni Arab Saudi, Uni Emirate Arab dan Bahrain.

Menanggapi keputusan tersebut, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria menyambut baik dukungan penuh negara-negara ASEAN untuk Indonesia. Ia berharap hal itu membuat posisi Indonesia semakin kuat dan ditunjuk menjadi tuan rumah.

 "Ini hal yang positif buat Indonesia. Tentu kita membutuhkan dukungan dari negara kawasan ASEAN," kata Tisha, yang saat ini juga menjabat sebagai Vice President AFF.

Untuk pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20 ini, PSSI telah mendapatkan persetujuan dan dukungan dari Presiden Joko Widodo. Rapat koordinasi terus dilakukan untuk persiapan dokumen pencalonan tuan rumah yang dipimpin Kemenpora dan Sekretaris Kabinet.

Dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20, Indonesia menyiapkan sembilan stadion, yakni Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi) dan Jalak Harupat (Bandung).