Liga Indonesia

3 Fakta Pemain Timnas Palestina yang Dirumorkan ke PSIS Semarang

Minggu, 1 September 2019 16:24 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© footballpalestine.com
Jonathan Cantillana dan logo PSIS Semarang. Copyright: © footballpalestine.com
Jonathan Cantillana dan logo PSIS Semarang.

INDOSPORT.COMPSIS Semarang dirumorkan bakal mendatangkan pemain asing Asia baru pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2019. Nama yang muncul adalah pemain Timnas Palestina, yakni Jonathan Cantillana.

Langkah itu diambil ketika manajemen PSIS resmi mencoret Shohei Matsunaga pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2019. Hal itu dibenarkan langsung oleh CEO PSIS, Yoyok Sukawi.

“Terhitung hari ini, kami tidak memasukkan nama Shohei Matsunaga dalam skuat yang didaftarkan pada putaran kedua. Untuk selanjutnya, kami akan pinjamkan atau lepas permanen apabila ada klub yang berminat,” ujar Yoyok Sukawi.

Kosongnya slot pemain asing Asia ini membuat nama Cantillana masuk dalam daftar incaran Laskar Mahesa Jenar. Kabar itu muncul dari akun Twitter yang fokus pada aktivitas klub-klub Indonesia, yakni @indos.transfer.

Oleh karena itu, kali ini INDOSPORT mencoba untuk merangkum tiga fakta Cantillana sebelum akhirnya diisukan bakal gabung PSIS Semarang pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2019.

Koleksi 6 Trofi

© youtube.com
Jonathan Cantillana gelandang timnas Palestina. Copyright: youtube.comJonathan Cantillana gelandang timnas Palestina.

Cantillana merupakan pemain yang cukup sering mengoleksi trofi sepanjang karier profesionalnya. Menurut laporan Soccerway, pemain yang saat ini berusia 27 tahun itu mampu mengoleksi 6 trofi.

Keenam trofi itu nyatanya didapatkan dalam dua tim berbeda. Trofi pertamanya ia torehkan saat memperkuat klub asal Chile, Palestino. Ia mampu membantu Palestino meraih gelar Liga Chile musim 2014/15 Apertura.

Selanjutnya, ia mampu menorehkan trofi Piala Palestina musim 2016/17 bersama Ahli Al-Khalil. Itu terjadi ketika mereka berhasil mengalahkan Shabab Al-Khaleel lewat drama adu penalti.

Sedangkan, menurut Soccerway, empat trofi lainnya berhasil ia torehkan saat memperkuat Hilal Al-Quds. Empat trofi itu adalah Piala Super Palestina 2018, Piala Palestina 2017/18, dan dua Liga 1 Palestina atau West Bank League (musim 2017/18 dan 2018/19)

Pernah Cicipi Atmosfer Asia Tenggara

© Jonathan Cantillana
Jonathan Cantillana gelandang timnas Palestina. Copyright: Jonathan CantillanaJonathan Cantillana gelandang timnas Palestina.

Sebelum dirumorkan bakal bergabung dengan klub Liga 1, Cantillana nyatanya sudah lebih dulu mencicipi atmosfer sepak bola Asia Tenggara. Itu terjadi pada musim 2016 lalu.

Menurut laporan Transfermarkt, pemain kelahiran Chile tersebut pernah memperkuat klub asal Malaysia Kuala Lumpur FA selama satu musim.

Dengan begitu, Cantillana kemungkinan besar tidka akan mengalami kesulitan saat melakukan adaptasi di persepakbolaan Indonesia.

Pemain Timnas Palestina

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Cantillana merupakan pemain Timnas Palestina sampai tahun 2019 ini. Terhitung, dirinya telah memainkan 21 pertandingan dan telah mengoleksi 10 gol dan 3 assists.

Terakhir kali, Cantillana membela Timnas Palestina pada ajang Piala Asia 2019. Saat itu, dirinya memainkan dua pertandingan di babak penyisihan Grup B Piala Asia 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
20%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
80%