Liga Indonesia

Ante Bakmaz, Rekrutan Anyar Madura United Titisan Bintang Lazio

Minggu, 1 September 2019 11:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Het Amsterdamsche Voetbal
Ante Bakmaz saat masih bermain di Belanda. Copyright: © Het Amsterdamsche Voetbal
Ante Bakmaz saat masih bermain di Belanda.

INDOSPORT.COM – Madura United resmi mendaratkan pemain asing Asia, Ante Bakmaz. Terdapat fakta unik pemain kelahiran Australia tersebut, salah satunya adalah garis keturunan Bakmaz yang pernah menjadi bagian penting dari klub sepak bola Lazio.

Ante Bakmaz merupakan pesepak bola berpaspor Australia dan Kroasia, yang piawai bermain sebagai bek kiri maupun kanan. Setelah melalui serangkaian seleksi sejak awal Agustus lalu, kini Bakmaz resmi berseragam Madura United dan siap menjalani debutnya.

Meski memiliki kewarganegaraan Australia, namun Bakmaz lebih banyak mengembangkan karirnya di luar negeri, mulai dari Kroasia, Belanda, Latvia, Malta, Lituania, Lebanon, dan kini di Indonesia.

Darah pesepak bola sudah mengalir turun-temurun dalam keluarga Bakmaz. Ia merupakan saudara sepupu dari Anthony Seric, pesepak bola yang malang-melintang di sepak bola internasional, termasuk saat membela berbagai klub Serie A Italia.

Piawai bermain sebagai bek kiri, Anthony Seric sempat berlabuh ke Parma di musim 1999, meski saat itu ia justru dipinjamkan ke Verona, dan akhirnya diresmikan pada tahun 2001.

Selama terikat kontrak dengan Verona hingga tahun 2005, Anthony Seric kembali menjajal berbagai klub dengan status sebagai pemain pinjaman, mulai dari Brescia, Parma, hingga Lazio yang saat itu bersaing ketat di Serie A.

Musim 2004/05, Anthony membawa Lazio bertengger di peringkat ke-13 klasemen akhir, sekaligus melaju ke putaran ketiga UEFA Intertoto Cup. Namun ia memilih untuk tidak melanjutkan perjalanannya di Serie A, dan hijrah ke Liga Yunani.

Anthony Seric kemudian pensiun di musim 2013/14 saat membela Olhanense di Liga Portugis, tepat di usia 35 tahun. Pada waktu yang sama, Ante Bakmaz pun mulai melebarkan sayapnya ke sepak bola internasional dan memperkuat klub NK Tresnjevka di Liga Kroasia.

Menarik untuk menyaksikan kiprah Ante Bakmaz di Shopee Liga 1 2019 dan menghadirkan nuansa Lazio ke Madura United. Ia berpeluang menjalani debut saat bersua Kalteng Putra di Gelora Ratu Pamelingan, Minggu (01/09/19) malam.