In-depth

Tepatkah Greg Nwokolo dan Otavio Dutra Terdepak dari Timnas Indonesia?

Senin, 2 September 2019 16:48 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Simon McMenemy, Otavio Dutra, dan Greg Nwokolo. Copyright: © INDOSPORT
Simon McMenemy, Otavio Dutra, dan Greg Nwokolo.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy baru saja mengambil keputusan untuk mencoret beberapa pemain yang sudah menjalani TC di Stadion Pakansari sejak 21 Agustus kemarin.

Baru-baru ini pemain yang dicoret dari Timnas Indonesia adalah dua pemain naturalisasi, yakni Greg Nwokolo dan Otavio Dutra. Simon pun memiliki alasan tersendiri pada pencoretan dua pemain tersebut.

Greg Nwokolo sengaja dipulangkan akibat kondisi fisiknya yang dianggap tidak terlalu fit untuk menjalani pertandingan penting di ajang Kualaifikasi Piala Dunia 2022 mendatang.

Dirinya pun mengakui bahwa dirinya memang tengah dalam proses penyembuhan cedera. Ketika tiba di Timnas, Greg mengaku tidak dalam kondisi fit karena mengalami cedera

Mantan pemain Persija Jakarta itu pun menerima dan memahami keputusan tersebut karena untuk bermain di level internasional setiap pemain harus dalam kondisi fit sepenuhnya. 

Situasi ini pun akhirnya membuat Simon memilih untuk memanggil pemain muda Indonesia yang berkarier di Malaysia, yakni Saddil Ramdani. Menurut Simon, Saddil dianggap menjadi pengganti Greg yang sangat tepat.

"Tahun lalu, Saddil Ramdani bermain di empat tim level usia berbeda. Sungguh gila. Dia merupakan talenta muda yang harus dikembangkan," ujar Simon McMenemy, Sabtu (31/08/19).

"Kami memang kehilangan Greg Nwokolo saat melawan Malaysia nanti, tapi Saddil bisa mengisi posisi itu. Dia benar-benar talenta yang menjanjikan," puji Simon untuk Saddil.

Sementara itu, Dutra dicoret karena sampai saat ini belum mendapatkan paspor Indonesia. Simon sendiri tidak memanggil pemain pengganti karena dianggap amunisi lini pertahanan Timnas Indonesia sudah cukup lengkap.  

Tepatkah Greg Nwokolo dan Otavio Dutra Dicoret?

Ikhwan Ciptady (kiri) berduel dengan winger Greg Nwokolo pada laga Madura United vs PSS Sleman di Liga 1 2019, Rabu (31/07/19). Copyright: Twitter@MaduraUnitedFCIkhwan Ciptady (kiri) berduel dengan winger Greg Nwokolo pada laga Madura United vs PSS Sleman di Liga 1 2019, Rabu (31/07/19).

Simon tentunya sangat mengetahui apa yang dibutuhkan atau tidak diperlukan oleh Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 mendatang melawan Malaysia dan Thailand.

Jika bicara pencoretan mungkin hanya akan berlaku pada Greg saja. Karena bagaimanapun keputusannya, Dutra harus dilepas dari skuat Timnas Indonesia. Karena sampai saat ini proses naturalisasinya belum rampung.

Meski pemain bertahan Persebaya tersebut tetap masuk dalam skema, namun Simon wajib melepaskan Dutra dari skuat Timnas Indonesia. Jadi pencoretan Dutra ini memang salah satu keputusan yang paling tepat.

Sedangkan untuk pencoretan Greg, Simon sepertinya butuh penyegaran dalam skuatnya. Terlepas dari masalah fisik yang kurang fit, Simon ingin menambah kecepatan dan pengalaman Saddil di Malaysia.

Karena lawan pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang dijalani Timnas Indonesia adalah Malaysia. Memanggil Saddil pun bisa saja menjadi keputusan yang tepat bagi Simon. Karena secara garis besar, Saddil punya gambaran karakter permainan Malaysia.

Meski begitu tidak ada yang tahu apakah keputusan mencoret Greg dan Dutra ini adalah pilihan yang tepat. Nantinya jawaban itu akan terungkap ketika Timnas Indonesia sudah menyelesaikan laga melawan Malaysia dan Thailand.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%