Liga Indonesia

Hati-hati! Malaysia Diperkuat Striker yang Pernah Permalukan Timnas Indonesia di Piala AFF 2010

Selasa, 3 September 2019 13:56 WIB
Editor: Coro Mountana
© Sportingnews.com
Striker Timnas Malaysia, Norshahrul Idlan Talaha. Copyright: © Sportingnews.com
Striker Timnas Malaysia, Norshahrul Idlan Talaha.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia perlu berhati-hati dengan skuat Malaysia yang diperkuat oleh sosok yang pernah memberi luka pada Piala AFF 2010.

Tak terasa sebentar lagi Timnas Indonesia akan memulai petualangannya di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan melawan Malaysia pada Kamis (05/09/19) lusa.

Selain Malaysia, Timnas Indonesia tergabung dalam grup G bersama Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab. Terbilang grup yang relatif lebih enteng bagi Timnas Indonesia dibanding bila bertemu Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, atau Australia.

Namun lawan-lawan Timnas Indonesia yang mayoritas berasal dari Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, dan Vietnam tetap bukan lawan yang mudah.

Khususnya Malaysia yang memiliki rivalitas panjang dengan Timnas Indonesia. Terlebih jika kita melihat daftar skuat Malaysia yang akan datang ke Gelora Bung Karno, di sana kita akan menemukan sosok yang pernah mempermalukan Timnas Indonesia di Piala AFF 2010.

Pemain itu adalah Norshahrul Idlan Talaha yang akan memakai nomor punggung 9 dan berposisi sebagai penyerang. Nama Norshahrul Idlan Talaha sendiri pasti masih belum bisa membuat fans Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 move on.

© AP
Maman Abdurahman di final Piala AFF 2010. Copyright: APMaman Abdurahman di final Piala AFF 2010.

Pasalnya Norshahrul Idlan Talaha pernah mempermalukan dan menggagalkan usaha Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2010. Kala itu bertanding di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, dalam leg pertama babak final Piala AFF 2010.

Malaysia berhasil mempermalukan Timnas Indonesia dengan skor 3-0 yang seakan sudah menjejakan satu kaki tim Harimau Malaya satu kaki menjadi juara. Benar saja di leg kedua, Timnas Indonesia hanya mampu menang 2-1.

Norshahrul Idlan Talaha tercatat menjadi salah satu biang kerok kekalahan 0-3 Timnas Indonesia saat itu bersama Safee Sali.

Ketika itu laga memasuki menit 60, bek Timnas Indonesia, Maman Abdurrahman berusaha untuk membiarkan bola ke luar dari lapangan.

Namun sayang di belakangnya ada Norshahrul Idlan Talaha yang langsung menyerobot bola dan membuat Maman Abdurrahman terjatuh.

Dengan cepat Norshahrul Idlan Talaha langsung menuju kotak penalti Timnas Indonesia untuk memberikan asis bagi Safee Sali.

Tak hanya sekali, Norshahrul Idlan Talaha kembali membuat ‘ulah’ dengan mengolongi pertahanan Timnas Indonesia sebelum akhirnya ia memberikan umpan tarik yang membuat Malaysia unggul 2-0.

Sontak, nama Norshahrul Idlan Talaha dianggap sebagai pahlawan oleh Malaysia. Kini dengan usia yang sudah menginjak 33 tahun, Norshahrul Idlan Talaha tentu masih ingin membuat ‘ulah’ lagi dengan Timnas Indonesia.

Tentu ini menjadi alarm peringatan bagi barisan pertahanan Timnas Indonesia andai Norshahrul Idlan Talaha dimainkan sebagai pemain utama. Karena Norshahrul Idlan Talaha pernah punya membuat hati suporter Timnas Indonesia terluka.