Bola Internasional

Rapor Wakil ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia Paling Buruk

Rabu, 11 September 2019 17:54 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Irfan Bachdim (kiri) dan beberapa pemain Timnas Indonesia melakukan protes kepada wasit Ma Ning, Selasa (10/09/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Irfan Bachdim (kiri) dan beberapa pemain Timnas Indonesia melakukan protes kepada wasit Ma Ning, Selasa (10/09/19).

INDOSPORT.COM - Berikut rapor para wakil ASEAN di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022, di mana Timnas Indonesia mendapat hasil yang paling buruk ketimbang tim lain.

Hingga Rabu (11/9/19) sore WIB, sebanyak tujuh tim dari wilayah ASEAN telah memainkan pertandingan kedua mereka di laga kualifikasi Piala Dunia zona Asia 2022.

Hanya Vietnam yang baru memainkan satu pertandingan di bulan Setember ini, sementara Thaiand, Filipina, Kamboja, Singapura, Myanmar, Malaysia serta Indonesia baru saja bertanding dan menghasilkan sejumlah kejutan.

Dari Grup A, Filipina yang tergabung dengan beberapa tim kuat seperti China dan Suriah berhasil meraih kemenangan perdananya saat menaklukan Guam dengan skor telak 1-4.

Hasil tersebut menempatkan mereka di posisi tiga dengan raihan tiga angka, jumlah yang sama dengan China dan Suriah namun dua tim itu belum memainkan laga kedua.

Sedangkan dari Grup C, Kamboja yang di pertandingan pertama menahan imbang Hongkong kembali membuat sensasi dengan hanya kalah tipis 0-1 atas Bahrain. Hasil yang tak begitu buruk dan membuat mereka tertahan di peringkat keempat klasemen sementara.

Kejutan juga terjadi di Grup D, di mana Singapura diluar dugaan sukses mengalahkan Palestina serta memuncaki klasemen sementara dengan raihan 4 poin, unggul satu angka diatas Palestina.

Hasil paling buruk mungkin dirasakan Timnas Indonesia, dalam dua pertandingan Garuda tak pernah menang meski bermain di kandang sendiri bahkan jumlah kebobolan mereka merupakan yang terburuk ketimbang tim ASEAN lain.

Total selisih gol kemasukan dan memasukan Indonesia adalah minus empat (-4), angka tersebut lebih buruk dari milik Myanmar (-3), padahal di Grup F tim nasional Myanmar tergabung dengan raksasa Asia, Jepang. 

Saat berhadapan dengan Jepang, Timnas Myanmar hanya kalah 0-2, hasil yang lebih baik ketimbang Indonesia yang dicukur 0-3 oleh Thailand.

Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT.COM rangkum ranking wakil ASEAN di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022:

No Tim Main Menang Imbang Kalah Selisih Gol
1 Singapura 2 1 1 0 1
2 Thailand 2 1 1 0 3
3 Filipina 2 1 0 1 0
4 Malaysia 2 1 0 1 0
5 Kamboja 2 0 1 1 -1
6 Myanmar 2 0 0 2 -3
7 Indonesia 2 0 0 2 -4
8 Vietnam* 1 0 1 0 0

*Penilaian berdasarkan jumlah kemenangan serta selisih gol terbesar
*Penilaian juga berdasarkan lawan yang dihadapi masing-masing wakil ASEAN
*Singapura berhasil menang melawan tim dengan ranking FIFA diatas mereka
*Vietnam baru bermain satu pertandingan

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%