Liga Indonesia

Sosok Ini Menjadi Calon Pengganti Simon McMenemy

Jumat, 13 September 2019 08:18 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Simon McMenemy (tengah) bersama tim pelatih Timnas Indonesia di pinggir lapangan saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan, Selasa (10/09/2019). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Simon McMenemy (tengah) bersama tim pelatih Timnas Indonesia di pinggir lapangan saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan, Selasa (10/09/2019).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia meraih rentetan hasil buruk di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar. Dua kali menjalani laga kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, skuat Timnas Garuda justru babak belur.

Stefano Lilipaly dan kawan-kawan takluk dari Timnas Malaysia, 2-3, 5 September. Lalu, Timnas Indonesia kembali menanggung malu usai dihajar Thailand, tiga gol tanpa balas pada 10 September.

Hasil itu membuat posisi Simon McMenemy dalam tekanan. Desakan agar juru taktik asal Skotlandia itu dicopot semakin menggema di media sosial.

Anggota Exco PSSI, Yunus Nusi bahkan menyebut mantan pelatih Bhayangkara FC itu akan diistirahatkan. Hasil jeblok dan performa melempem di lapangan jadi pertimbangan utama.

Lalu jika keputusan itu benar-benar diambil, lantas siapa sosok yang pantas menggantikan Simon? Yunus pun memiliki pandangan tersendiri berkait calon pelatih baru.

"Kalau menurut saya timnas dilatih sosok lokal saja. Kalau pelatih lokal, saya rasa hanya Rahmad Darmawan (RD) yang saat ini paling layak," kata Yunus kepada INDOSPORT, Jumat (13/09/19).

Prestasi pelatih berusia 52 tahun itu bersama Timnas Indonesia sejatinya cukup apik. Meski belum mempersembahkan gelar, setidaknya RD pernah membawa Timnas U-23 meraih medali perak SEA Games 2011 dan 2013.

Musim ini, RD jadi sosok penting di balik performa apik Tira Persikabo. Tim Laskar Pajajaran dibawanya ke papan atas klasemen sementara Shopee Liga 1 2019.