Liga Indonesia

Setelah Musim 2019, Umuh Akan Pensiun dari Persib

Sabtu, 14 September 2019 10:52 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib, Umuh Muchtar ‎di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib, Umuh Muchtar ‎di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung,

INDOSPORT.COM - Musim 2019 kemungkinan besar akan menjadi musim terakhir Umuh Muchtar mendampingi langsung Persib Bandung. Pasalnya ia berencana melepas jabatannya sebagai manajer tim berjuluk Maung Bandung tersebut.  

Manajer yang akrab disapa Pak Haji ini menuturkan, alasannya ingin melepas jabatannya sebagai manajer, salah satunya ingin beristirahat karena usianya saat ini sudah memasuki 71 tahun. 

"Saya sudah uzur, 71 tahun, biar semua sama-sama, saya juga berdoa di belakang, masih banyak yang bisa yah. Umuh Muchtar memang pendiri (PT PBB), saya mutlak dengan modal sendiri dan bergabung dengan Pak Glenn (Direktur Utama PT PBB). Sekarang menjadi PT dan semakin besar," ucap Umuh.

Umuh menyadari, sepak bola saat ini sudah semakin berkembang dan tidak menutup kemungkinan ke depannya tim Persib akan menggunakan pelatih yang juga menjabat sebagai manajer. 

Selain itu, jika sudah tidak lagi menjabat sebagai manajer, Umuh akan tetap memberikan dukungan bagi skuat Maung Bandung. Karena, awalnya ia merupakan seorang Bobotoh.

"Semua saya yakin, pelatih nanti merangkap menjadi manajer. Saya yakin tidak ada manajer seperti saya ya mungkin disatukan. Nanti juga saya akan tetap ada untuk nonton di tribun, mungkin dengan Bobotoh atau wartawan," jelasnya. 

Rencana Umuh untuk pensiun, sudah dibicarakan beberapa kali dengan Glenn. Hanya saja, Glenn sering memintanya untuk tetap bertahan mendampingi skuat Maung Bandung. 

"Musim ini insya Allah masih dampingi dulu. Ya sampai terakhir musim ini yah. Ya pelan-pelan saja. Saya juga sudah tetap janji kalau menang dapat 50 juta dari saya. Sekarang 17 kali main terus menang wah saya bangga," pungkas Umuh Muchtar.