In-depth

Membedah Kekuatan Filipina, Lawan Pertama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020

Senin, 16 September 2019 12:07 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© officialpssi
Membedah kekuatan Filipina, lawan pertama Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 Copyright: © officialpssi
Membedah kekuatan Filipina, lawan pertama Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020

INDOSPORT. COM - Filipina akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia U-16 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Bagaimanakah kekuatan terkini Filipina?

Perjuangan Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 akhirnya dimulai juga. Tergabung di Grup G, Timnas Indonesia U-16 hari Senin (16/09/19) ini bakal memainkan laga pertamanya kontra Filipina.

Laga yang digelar malam pukul 19.00 WIB nanti ini, terbilang sangat krusial bagi Timnas Indonesia U-16. Hasil pertandingan kontra Filipina, akan sangat menentukan langkah skuat besutan Bima Sakti ke depannya.

Maka dari itu, ada baiknya bila kita lebih dulu membedah kualitas sang lawan. Berikut ulasan INDOSPORT terkait Filipina, lawan pertama Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Kualitas Skuat Filipina

Filipina akan menatap laga malam nanti dengan modal yang cukup apik. Bagaimana tidak, Filipina yang sudah memainkan laga perdananya lebih dulu pada Sabtu (14/9/19) kemarin, berhasil meraih kemenangan besar 7-0 atas Kepulauan Mariana Utara.

Berkat kemenangan besar itu, mental bertanding skuat Filipina diyakini akan melonjak. Terlebih untuk sang penyerang, John Loyd Jalique yang pada laga perdana berhasil memborong tiga gol sekaligus.

Ya, John Loyd Jalique adalah satu dari 23 nama pemain Filipina yang harus diwaspadai Timnas Indonesia U-16. Andai tak diberi penjagaan khusus, mungkin nasib gawang Skuat Garuda akan bernasib sama seperti Kepulauan Mariana Utaram yakni dibobol tiga kali oleh John Loyd Jalique.

Peran John Loyd Jalique di lini depan masih akan didukung dua gelandang produktif. Filipina punya dua gelandang yang sudah mencetak gol di Kualifikasi Piala Asia U-16, yaitu Benjamin Marito Palacio dan Vincent Aron Molina Saludo.

Meski data memperlihatkan fakta yang cukup baik, Filipina tetaplah punya kekurangan. Baru bermain dua hari yang lalu, kondisi fisik skuat Filipina diyakini tak seprima Timnas Indonesia U-16 yang belum sama sekali memulai pertandingannya.

Belum lagi, Filipina juga masih harus meredam dukungan suporter Timnas Indonesia U-16 yang akan memadati stadion. Maklum saja, laga nanti malam akan digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, yang notebene merupakan markas Timnas Indonesia U-16.

Kalau ditelaah lebih menyeluruh, Filipina sebenarnya punya rekor pertandingan yang buruk bila bertemu Timnas Indonesia U-16. Lihat saja di gelaran Piala AFF U-15 2019, Filipina harus menerima digilas Timnas Indonesia U-16 dengan skor 0-4.

Skuat Filipina juga tak banyak berubah bila dibandingkan dengan yang dibawa pada ajang Piala AFF U-15 2019 lalu. Artinya, jika tak ada perubahan taktik dari sang pelatih, mungkin hasil laga akan bernasib buruk lagi untuk Filipina.

Berkaca dari segala kondisi tersebut, bisakah Timnas Indonesia U-16 mengandaskan Filipina? Jawabannya mari kita saksikan bersama dalam jalannya laga sore nanti.