Liga Indonesia

5 Fakta Unik di Balik Hasil Imbang Badak Lampung FC vs PSM Makassar

Selasa, 17 September 2019 09:57 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Duel Badak Lampung FC melawan PSM Makassar pada pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, berakhir imbang 1-1, Minggu (15/09/19).

Pasukan Ramang unggul terlebih dahulu lewat sundulan Amido Balde dimenit ke-36. Laskar Saburai membalas juga lewat sundulan Johan Yoga dimenit ke-62.

Atas hasil tersebut, Badak Lampung FC berada di peringkat ke-13 dengan 18 poin sedangkan PSM Makassar di peringkat ke-9 dengan 24 poin pada klasemen sementara Shopee Liga 1 2019.

Di balik hasil imbang tersebut, terdapat lima fakta unik yang berhasil dirangkum redaksi berita INDOSPORT. Berikut kami rangkum untuk anda:

1. Reva Adi Utama

Laga ketiga bek sayap kiri bersama Badak Lampung FC menjadi sangat emosional baginya. Bukan tanpa alasan, Reva menghapi klub yang meminjamkan dirinya dan telah dibela sejak 2016 silam.

Seolah ingin membuktikan kualitasnya, Reva tampil sangat prima sepanjang laga. Bahkan ia menjadi kreator gol penyama kedudukan. Umpan silang khas bek modern disambut sundulan mematikan Johan Yoga.

Tidak hanya mengkreasikan satu assist, pemain 22 tahun ini juga membuat Zulham Zamrun menerima dua kartu kuning sekaligus kartu merah akibat melanggarnya. Bahkan, Asnawi Mangkualam juga mendapat kartu kuning setelah melanggar Reva di menit ke-61.

2. Johan Yoga Utama

Sundulan Johan Yoga yang mampu merobek gawang Rivky Mokodompit di menit ke-62, sangat emosional baginya. Hal tersebut dibuktikan dengan selebrasinya yang sampai mengeluarkan air mata.

Rupanya, gol tersebut merupakan gol debut Johan Yoga di musim ini. Lebih spesialnya lagi, penyerang 29 tahun tersebut merobek gawang mantan klub yang pernah ia bela pada musim 2015 silam.

3. Gol Amido Balde

Satu gol yang dilesakkan Amido Balde merupakan gol kedua dari tiga laga untuk Pasukan Ramang sejak dikontrak pada jendela transfer putaran kedua Shopee Liga 1 2019.

Gol tersebut juga merupakan gol tandang pertama Amido Balde selama bermain di Shopee Liga 1 2019. Lima gol yang dicetak penyerang asal Guinea Bissau bersama Persebaya Surabaya selama putaran pertama semuanya terjadi kala bermain kandang.

4. Kartu Merah Zulham Zamrun

Zulham Zamrun menjadi sosok yang paling sial pada laga ini. Ia mendapat dua kartu kuning hanya dalam rentang waktu 4 menit saja terhitung dari menit ke-41 hingga ke-44.

Uniknya lagi, dua pelanggaran yang berbuah dua kartu kuning tersebut semuanya karena melanggar Reva Adi Utama. Zulham pun harus diusir keluar lapangan dan absen melawan Tira Persikabo, Kamis (19/09/19) nanti.

Kartu merah yang diterima Zulham merupakan yang ketiga bagi PSM Makassar musim ini. Sebelumnya, Aaron Evans dan Eero Markkanen diganjar kartu merah saat melawan Bali United.

Terkhusus untuk pemain 31 tahun ini, kartu merah menghadapi Laskar Saburai menjadi yang pertama sepanjang sejarah membela klub yang berdiri pada 1915 silam.

5. Rekor Masih Suci

Skor akhir 1-1 juga menjadi pertanda bahwa rekor buruk kedua kesebelasan belum juga patah sepanjang musim ini. Bagi Badak Lampung FC, skor imbang membuat mereka belum meraih kemenangan kandang. Dari 9 laga kandang, Laskar Saburai meraih 5 imbang dan 4 kekalahan.

Sementara PSM Makassar masih penasaran dengan kemenangan tandang musim ini. Pasukan Ramang meraih 3 imbang dan 4 kekalahan selama laga tandang musim ini.