Liga Champions

Liga Champions: Selamatkan Barcelona dari Tendangan Penalti, Aksi Ter Stegen Dinilai Ilegal

Rabu, 18 September 2019 12:56 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Fox Soccer
Penyelamatan penalti kiper Barcelona, Ter Stegen, di laga melawan Dortmund pada match day 1 Liga Champions 2019/20 Grup F, Rabu (18/09/19) dini hari WIB. Copyright: © Fox Soccer
Penyelamatan penalti kiper Barcelona, Ter Stegen, di laga melawan Dortmund pada match day 1 Liga Champions 2019/20 Grup F, Rabu (18/09/19) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM – Aksi penyelamatan kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen, terhadap tendangan penalti pemain Borussia Dortmund, Marco Reus, dianggap menyalahi aturan Liga Champions 2019/20 alias illegal.

Barcelona dan Borussia Dortmund bermain imbang 0-0 pada matchday 1 Liga Champions 2019/20 Grup F, Rabu (18/9/19) dini hari WIB, di Signal Iduna Park.

Penjawa gawang Balugrana, Ter Stegen menjadi perhatian setelah berhasil melakukan beberapa penyelamatan krusia, termasuk menepis tendangan penalti Marco Reus di menit ke-56.

Penalti itu diperoleh tim Borussia saat Jadon Sancho dijatuhkan Nelson Semedo di kotak terlarang. Sayang sekali, upaya sang eksekutor Reus berhasil ditebak dan diamankan Ter Stegen dengan baik.

Dilansir dari laman olahraga AS, aksi brilian kiper berkebangsaan Jerman itu dianggap ilegal. Pasalnya, Ter Stegen ketahuan keluar dari garis sebelum Reus menendang bola.

Aksi ilegal Ter Stegen itu sendiri dilakukan dua kali, dengan yang pertama berhasil diketahui wasit, Ovidiu Hategan. Alhasil, Ter Stegen  ditegur dan diberi penjelasan terkait aturan baru di Liga Champions.

Namun, Ter Stegen tampaknya mengabaikan teguran sang wasit pada aksi keduanya. Pada tayangan uang berikut, sang kiper jelas-jelas mengeluarkan kedua kakinya di luar garis begitu Reus menendang penalti.

Sebagaimana diketahui, UEFA telah menetapkan peraturan baru untuk Liga Champions 2019/20. Khususnya saat tendangan penalti, kiper harus menempatkan minimal satu kakinya di garis gawang saat si algojo mengambil tendangan.

Apabila aturan ini dilanggar, maka penalti di ulang. Namun, wasit asal Rumania, Ovidiu Hategan, tidak meniup peluit atau melihat VAR untuk meninjau momen tersebut.

Dortmund dan Barcelona tidak mampu mencetak gol hingga akhir pertandingan. Skor imbang 0-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Hasil imbang di laga tersebut membuat seluruh tim di Grup F mengoleksi satu poin setelah di laga lainnya Inter Milan ditahan imbang 1-1 oleh Slavia Praha.