In-depth

Menerka Taktik Jitu Teco yang Bisa Bawa Bali United Kalahkan Persija Jakarta

Kamis, 19 September 2019 11:16 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Menerka taktik jitu Teco yang bisa bawa Bali United kalahkan Persija Jakarta. Copyright: © INDOSPORT
Menerka taktik jitu Teco yang bisa bawa Bali United kalahkan Persija Jakarta.

INDOSPORT. COM - Stefano Cugurra Teco, pelatih Bali United, sepertinya sudah mempunyai taktik jitu untuk membawa anak asuhnya kalahkan Persija Jakarta.

Sebuah laga besar akan menghiasi kancah Liga 1 2019 hari Kamis (19/09/19) ini. Tepat pukul 15.30 WIB sore nanti di Stadion Patriot Candrabhaga, bakal tersaji pertemuan antara Persija Jakarta vs Bali United.

Pertandingan ini terbilang layak disebut sebagai big match, mengingat reputasi besar yang dimiliki oleh kedua tim. Persija Jakarta merupakan tim juara bertahan, dan Bali United sejauh ini sedang memuncaki klasemen sementara Liga 1 2019.

Khusus untuk Bali United, sejatinya pertandingan sore nanti jadi waktu yang tepat untuk makin mengukuhkan posisi puncak klasemen. Maklum saja, sang lawan, Persija Jakarta, musim ini sedang terseok-seok, lantaran hanya bisa berkutat di papan bawah menempati urutan 15.

Demi mewujudkan ambisi tersebut, pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, tentunya sudah melakukan persiapan matang. Termasuk dengan menyiapkan strategi jitu yang bisa membawa timnya menang atas Persija Jakarta.

Taktik Teco untuk Bali United

Posisi Teco sebenarnya cukup menguntungkan dalam menatap pertandingan kontra Persija Jakarta. Maklum saja, Teco memang diketahui pernah dua tahun membesut Persija Jakarta, tepatnya dari 2017 hingga 2018.

Hal ini jelas membuat Teco bisa memiliki pengetahuan cakap tentang kekuatan dan kelemahan Persija Jakarta. Terlebih lagi, skuat terkini Persija Jakarta tak banyak mengalami perubahan sedari musim lalu.

"Mayoritas pemain Persija masih sama dari liga kemarin, hanya berbeda di pemain asing saja. Waktu sudah kerja dua tahun, setiap hari di latihan sama pertandingan, pasti kita tahu kualitas dari pemain yang pernah kita latih," ucap Teco dalam jumpa pers di Bekasi, Rabu (18/09/19).

Berkat pengalamannya itu, Teco diyakini sudah mempunyai taktik apik agar Bali United bisa mengandaskan Persija Jakarta. Teco bakal menerapkan skema yang begitu memanfaatkan kelemahan para pemain skuat Macan Kemayoran.

Soal rinciannya taktiknya, Teco terkenal sebagai pelatih yang gemar mengandalkan skema pertahanan kokoh dan serangan balik. Buktinya saja, Teco sejauh ini mampu membawa Bali United menjadi tim dengan pertahanan terbaik di Liga 1 2019.

Bali United hingga Liga 1 2019 memasuki pekan ke-19 baru menderita 11 kali kebobolan. Angka itu merupakan yang paling sedikit di antara peserta Liga 1 2019 lainnya.

Makin nyata bila melihat yang dilakukan Teco ketika menghadapi tim kuat, Tira Persikabo, pada 15 Agustus 2019 lalu. Bertanding di markas lawan, Teco menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain lebih bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Strategi Teco lantas membuat Bali United kalah dalam jumlah penguasaan bola. Berdasarkan data dari situs Liga indonesia, Bali United hanya bisa mencatat 47 persen penguasaan bola.

Meski demikian, serangan balik Bali United nampak lebih efektif ketimbang Tira Persikabo yang mendominasi laga. Bali United bisa mencatatkan enam tembakan ke arah gawang, sedangkan Tira Persikabo cuma menorehkan empat tendangan saja.

Hasilnya pun berbuah manis. Berkat strategi serangan balik ala Teco, Bali United sukses mengalahkan Tira Persikabo dengan skor 2-1.

Selain soal strategi, Teco punya senjata rahasia yang diyakini bisa menjadi sosok pembeda bagi Bali United. Sosok senjata rahasia yang dimaksudkan Teco ialah sang bek kiri, Anan Lestaluhu.

Musim lalu, Anan Lestaluhu membela skuat Persija Jakarta yang diasuh Teco. Ketika kini Teco menjabat sebagai pelatih Bali United, nama Anan Lestaluhu turut diangkut ke Pulau Dewata.

Anan Lestaluhu sendiri berpeluang besar tampil dalam laga kontra Persija Jakarta nanti. Maklum saja, bek kiri Bali United seperti Ricky Fajrin dan Michael Orah dipastikan akan absen, dan membuat kans bermain Anan Lestaluhu sangat besar.

"Anan merupakan pemain muda yang punya prospek bagus. Dia datang dari tim besar, Persija. Sekarang dia cuma tunggu kesempatan buat membantu tim," ucap Stefano Cugurra.

"Anan Lestaluhu sudah bersama saya selama di Persija Jakarta. Dia pernah beberapa kali masuk skuat inti, jadi tentu dia sudah tahu sistem yang saya inginkan," tandas Teco.

Begitulah kira-kira taktik yang bakal diterapkan Teco agar Bali United bisa mengandaskan Persija Jakarta. Apakah taktik Teco nanti dapat berjalan sesuai rencana?