Liga Indonesia

Perubahan Taktik, Kunci Kemenangan Persik Kediri Atas Persiba Balikpapan

Kamis, 19 September 2019 20:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persik Kediri, Budiarjo Thalib, dalam konferensi pers. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persik Kediri, Budiarjo Thalib, dalam konferensi pers.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri sukses merebut kembali posisi puncak klasemen sementara Liga 2 2019 Grup Timur berkat kemenangan dua gol tanpa balas atas Persiba Balikpapan dalam laga pekan ke-16, Kamis (19/9/19).

Motivasi tinggi menjadi faktor kuat di balik keberhasilan Persik. Peluang untuk kembali merebut puncak klasemen tak disia-siakan oleh tim berjulukan Macan Putih itu.

"Puji syukur kami akhirnya kembali ke puncak klasemen dan melakukan sapu bersih poin di partai kandang," ungkap pelatih Persik Kediri, Budiarjo Thalib, dalam konferensi pers di Stadion Brawijaya.

Secara teknis, pergantian pemain ikut andil menghasilkan kemenangan. Budiarjo begitu jeli melihat kekurangan apa yang ada di tim, terutama selama bermain sama kuat dengan Persiba Balikpapan di babak pertama.

"Saya memang menginstruksikan untuk pemain tampil total, terutama di lapangan tengah. Makanya saya turunkan pemain bertipe keras," ulas eks asisten pelatih PSM Makassar tersebut.

Strategi itu yang kemudian membuat Persik Kediri secara perlahan mampu menguasai laga. Serangan yang gencar pun tidak berakhir sia-sia setelah dua gol tercipta melalui Septian Bagaskara pada menit ke-57 dan 67.

"Meski permainan keras itu beresiko dengan kartu kuning. Jadi ada pemain yang harus absen karena akumulasi di laga berikutnya kontra Mitra Kukar," tandas Budiarjo Thalib.

Tambahan tiga poin mengantarkan Persik Kediri ke puncak klasemen Liga 2 2019 Grup Timur. Pengoleksi dua trofi juara Liga Indonesia (2003, 2006) tersebut kini mengumpulkan 27 poin, unggul satu angka saja dari Mitra Kukar.