In-depth

Hitung-hitungan Peluang Lolos Timnas Indonesia ke Piala Asia U-16 2020

Sabtu, 21 September 2019 13:24 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-16. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-16.

INDOSPORT.COM - Meraih 3 kemenangan besar di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final belum sepenuhnya aman.

Timnas Indonesia U-16 sukses meraih kemenangan telak dalam tiga pertandingan awalnya di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, melawan Filipina, Kepulauan Mariana Utara, dan Brunei.

Namun meski menang telak, posisi Timnas Indonesia U-16 masih tertinggal dari China U-16 yang memimpin puncak klasemen Grup G. China U-16 mengungguli Indonesia dengan poin sama-sama sembilan. Namun selisih gol +28, berbanding milik Timnas Indonesia U-16 yang hanya +26.

Posisi tersebut jelas tidak aman buat Timnas Indonesia U-16, karena hanya akan ada satu negara yang otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 dari masing-masing grup.

Dengan kenyataan itu, mau tak mau anak asuh Bima Sakti harus mampu mengalahkan China U-16 di laga terakhir Grup G, jika mau lolos otomatis ke putaran final dengan juara grup.

Runner Up Terbaik

Jika gagal mengamankan posisi juara Grup G, peluang Timnas Indonesia U-16 sebenarnya masih terbuka untuk lolos ke putaran final dengan status runner up terbaik, sebanyak empat tim dari keseluruhan grup.

Saat ini, Timnas Indonesia U-16 berada dalam garis terdepan untuk bisa lolos lewat status tersebut, memimpin dengan poin enam dan keunggulan selisih gol +12.

Hitungan itu tak termasuk kemenangan 15-1 dari Kepulauan Mariana Utara yang tak dianggap, karena jumlah tim di Grup G lebih banyak dari grup lainnya.

Pesaing terdekat Indonesia saat ini adalah Thailand, yang memiliki selisih gol +10. Sementara beberapa negara lainnya hanya memiliki keunggulan selisih gol tak lebih dari 5.

Dengan kondisi itu, peluang Timnas Indonesia U-16 jelas masih sangat terbuka. Syaratnya, jikapun kalah dari China nanti, setidaknya jangan sampai terjadi dalam skor yang telak. Sambil berharap negara lainnya juga mengalami kekalahan di pertandingan terakhir.

Harapan itu mungkin terjadi, karena bukan hanya Timnas Indonesia U-16  Indonesia yang akan menghadapi lawan berat di laga terakhir fase grup kualifikasi. Negara-negara pesaing Timnas Indonesia U-16 juga harus menghadapi negara kuat, yang kini memimpin grup masing-masing.

Thailand melawan Korea Selatan, Hong Kong menghadapi Korea Utara, Uzbekistan melawan India, Oman melawan Arab Saudi dan Australia melawan Vietnam.

Berikut klasemen sementara runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-16 2020

© Wikipedia
Klasemen sementara Piala AFC U-16 2020 Copyright: WikipediaKlasemen sementara runner up terbaik Kualifikasi Piala AFC U-16 2020
IDS Emoticon Suka
Suka
56%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
11%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
22%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
11%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%