Bola Internasional

Jadi Pemain Wanita Terbaik FIFA, Megan Rapinoe Ingin Berantas Rasisme

Selasa, 24 September 2019 15:04 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Emilio Andreoli/Getty Images
Megan Rapinoe dan Lionel Messi mendapat penghargaan di ajang The Best FIFA 2019. Emilio Andreoli/Getty Images. Copyright: © Emilio Andreoli/Getty Images
Megan Rapinoe dan Lionel Messi mendapat penghargaan di ajang The Best FIFA 2019. Emilio Andreoli/Getty Images.

INDOSPORT.COM – Bintang sepak bola Amerika Serikat, Megan Rapinoe, menyerukan ajakan memberantas isu rasisme di sepak bola, usai mengantongi gelar Pemain Wanita Terbaik FIFA.

Megan Rapinoe bersanding dengan Lionel Messi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA tahun ini dalam acara penghargaan yang berlangsung di Teatro alla Scala, Milan, Selasa (24/09/19).

Berbicara di atas panggung usai menerima trofi The Best FIFA, Megan Rapinoe secara blak-blakan mengajak rekan-rekannya bergabung dengan bintang Manchester City, Raheem Sterling; dan bintang Napoli, Kalidou Koulibaly memerangi rasisme.

“Jika kita benar-benar ingin memiliki perubahan yang berarti, hal yang paling menginspirasi adalah, jika semua orang sama marahnya seperti Raheem Sterling dan (Kalidou) Koulibaly ketika disinggung soal rasisme,” kata Rapinoe dilansir dari ABC.

“Jika semua orang marah dengan homofobia seperti para pemain LGBTQ, jika semua orang sama marahnya dengan kurangnya upah dan investasi yang setara dalam sepak bola wanita selain hanya wanita, itu hal yang paling inspiratif bagi saya,

“Ini permintaan saya kepada semua orang. Mari permainan sepak bola yang indah ini untuk mengubah dunia menjadi lebih baik,” tandasnya.

Megan Rapinoe berhasil meraih trofi The Best FIFA dengan meraih 46 poin dari hasil pemungutan suara. Dia mengalahkan Alex Morgan (46 poin), Lucy Bronze (29 poin), dan Samantha Kerr (0 poin).

Keberhasilan ini diperoleh berkat kontribusinya mencetak enam gol untuk Timnas Amerika Serikat di ajang Piala Dunia Wanita 2019, yang membuatnya meraih Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak dan Bola Emas sebagai pemain terbaik.