Liga Indonesia

Apa Kabar Patricio Jimenez? Si Penalti Mata Tertutup di Persib

Rabu, 25 September 2019 17:50 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© gladiatorpersibblog.wordpress.com
Patricio Jimenez, bek legendaris Persib Bandung yang pernah mencetak gol penalti dengan mata tertutup. Copyright: © gladiatorpersibblog.wordpress.com
Patricio Jimenez, bek legendaris Persib Bandung yang pernah mencetak gol penalti dengan mata tertutup.

INDOSPORT.COM - Nama Patricio Jimenez mungkin tak asing bagi pecinta sepak bola Indonesia awal tahun 2000-an. Ya pemain yang kerap disapa Pato ini memang sempat menjadi perhatian pecinta sepak bola Indonesia.

Pato sempat menjadi tembok pertahanan kokoh Persib Bandung. Pemain sepak bola asal Chile ini membela Persib medio 2006/2007.

Tak hanya menjadi tembok kokoh untuk Persib Bandung, Pato sempat membuat aksi unik. Yakni saat dia mengeksekusi sepakan penalti kala Persib menjamu Persijap Jepara.

Dalam laga yang memperebutkan tiket 16 besar Piala Indonesia 2007 itu, kedua tim meraih hasil imbang 0-0 dan harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Namun menariknya Pato yang maju sebagai eksekutor menendang dengan mata tertutup. Ajaibnya, dengan mata tertutup Pato sukses menjebolkan bola ke gawang.

Namun kini selepas hengkang dari Persib nama Pato seakan meredup. Terlebih setelah ia memutuskan pensiun. Namun siapa sangka meski sudah pensiun, kecintaannya untuk sepak bola Indonesia belum pudar.

Dia bahkan mengabdikan diri untuk memberikan penyuluhan untuk sepak bola Indonesia ke pelosok-pelosok. Baginya kegiatan ia merupakan balas budi dirinya untuk Indonesia.

"Saya sekarang keliling-keliling memberikan penyuluhan untuk kegiatan olahraga," buka Pato.

Meski sudahlah aktif bermain dan lama meninggalkan Persib Bandung, pemain berambut gondrong ini masih cinta terhadap Persib. Bahkan dia mengaku sebagai Bobotoh sejati.

"Sama seperti fans lainnya. Dulu saya sebagai pemain dan sekarang saya sebagai Bobotoh  tetap mendukung Persib Bandung meskipun kondisinya belum stabil," kata ia.

Pato memang melihat Persib Bandung masih naik turun. Dia berharap Persib cepat bangkit dan naik kembalikan papan atas.

"Ya, putaran pertama ini saya sebagai pencinta dan mantan pemain Persib Bandung  berharap ada sebuah evaluasi besar-besaran biar tim yang kami cintai tidak degradasi karena Persib tidak pantas jika bermain di Liga 2. Jadi saya berharap ada perubahan diputaran kedua," tegas ia.

"Saya ini Viking dan Bobotoh yang sama menginginkan perubahan untuk Persib Bandung. Persib Bandung memiliki pemain lokal dan asing cukup bagus."

"Saya pikir ini adalah pekerjaan rumah untuk pelatih. Pelatih harus menciptakan pola latihan yang lebih baik lagi dan melakukan evaluasi," pungkasnya.