Liga Indonesia

Kisah Haru Jacksen Tiago di Balik Kemenangan Persipura atas PSM Makassar

Sabtu, 28 September 2019 16:53 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Persipura Official
Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago saat mendampingi timnya dengan menggunakan tongkat Copyright: © Persipura Official
Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago saat mendampingi timnya dengan menggunakan tongkat

INDOSPORT.COM - Di balik kemenangan Persipura Jayapura atas PSM Makassar dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat (27/9/19) kemarin, ada sebuah pemandangan yang tak biasa.

Sang pelatih, Jacksen F Tiago yang sebelumnya harus menjalani opname pasca operasi kaki tetap memaksakan hadir untuk mendampingi timnya, meski harus menggunakan tongkat sebagai alat bantu.

Tak hanya itu, Jacksen bahkan harus berdiri dan berjalan tanpa dibantu siapapun. Ia berjuang sendiri menggunakan sepasang tongkat.

Saat dihubungi awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (28/9/19), pelatih asal Brasil ini mengungkapkan jika dirinya tak rela membiarkan timnya berjuang sendiri.

"Ini adalah tanggung jawab saya dan kepercayaan terhadap keluargaku, manajemen, pemain dan masyarakat Papua," ujar Jacksen kepada INDOSPORT.com.

"Pasca kegagalan kami saat melawan Persib Bandung, saya tidak mau biarkan anak-anak berjuang sendiri di lapangan," sambungnya.

Pelatih yang pernah menghadirkan kejayaan bagi tim mutiara hitam di medio 2008-2014 ini menilai jika keberhasilan bisa diraih karena adanya kebersamaan. Itu sebabnya Jacksen tetap memaksakan diri untuk mendampingi timnya, meski belum sepenuhnya pulih pasca operasi kaki.

"Rasa bahagia dan sedih sekalipun kita harus tetap bersama. Contoh itu yang harus datang dari kami terlebih dahulu," ungkapnya.

Jacksen sebenarnya sudah diizinkan untuk beristirahat oleh manajemen sampai benar-benar pulih, namun eks pelatih Barito Putera ini enggan berleha-leha disaat timnya tengah berjuang.

Apa yang dilakukan Jacksen itu lantas membuat sang ketua umum, Benhur Tomi Mano tersanjung. Benhur mengaku salut dengan Jacksen yang tetap keras kepala demi sebuah tanggung jawab.

“Rupanya Jacksen tetap mau berusaha untuk dampingi tim saat lawan PSM, saya salut dan respek dengan rasa tanggung jawab yang dia miliki untuk klub ini, luar biasa. Semoga Tuhan jaga dan berkati Jacksen selalu,” pungkas Benhur.

Loyalitas Jacksen F Tiago itu akhirnya membuahkan hasil positif, setelah Boaz Solossa dan kolega mampu menaklukkan PSM dengan skor telak 3-1, dan kian mendekatkan Persipura Jayapura ke papan atas klasemen Liga 1 2019.

1