Bola Internasional

Termasuk Eks Timnas U-19, 4 Pemain ASEAN Ini Pernah Main di Liga Belgia

Kamis, 3 Oktober 2019 12:03 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
© afctubize_asia_official
Pemain muda asal Indonesia, Firza Andika, berhasil mencetak dua gol untuk AFC Tubize U-18 saat pertandingan persahabatan melawan Marcet Academy of Barcelona Copyright: © afctubize_asia_official
Pemain muda asal Indonesia, Firza Andika, berhasil mencetak dua gol untuk AFC Tubize U-18 saat pertandingan persahabatan melawan Marcet Academy of Barcelona

INDOSPORT.COM – Empat pemain Asia Tenggara atau ASEAN ini berkesempatan mencicipi atmosfer kompetisi sepak bola Liga Belgia di Eropa.

Dari empat pemain tersebut, terselip satu mantan pemain timnas Indonesia U-19. Siapa sajakah keempat pemain tersebut, berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkumnya untuk Anda dilansir dari Fox Sports Malaysia.

Luqman Hakim Shamsuddin

© AFC
Pemain Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin cetak 4 gol saat melawan Tajikistan. Copyright: AFCPemain Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin cetak 4 gol saat melawan Tajikistan.

Bintang timnas Malaysia U-18, Luqman Hakim Shamsuddin, mendapatkan kesempatan untuk bermain di kompetisi Liga Belgia bersama K.V. Kortrijk.

Luqman Hakim menerima kontrak sampai Maret 2020. Kepastian tersebut diumumkan langsung oleh bos K.V. Kortrijk yang juga pengusaha asal Malaysia, Tan Sri Vincent Tan.

Pada Piala AFF U-18 2019 lalu, Luqman Hakim menjadi momok bagi timnas Indonesia di babak semifinal. Luqman Hakim berhasil membawa Malaysia meraih juara kedua dan mencetak empat gol.

Kawin Thamsatchanan

© ohl.be
Kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan, kini berseragam Oud-Heverlee Leuven (OHL). Copyright: ohl.beKiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan, kini berseragam Oud-Heverlee Leuven (OHL).

Kiper timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan, menerima pinangan klub divisi dua Liga Belgia, OH Leuven, dengan kontrak lima tahun.

Kawin menjadi pemain ketiga dari Thailand yang pernah tampil di Belgia setelah sebelumnya Eakachai Phonthongthin (Royale Union Saint-Gilloise) dan Teeratep Winothai (Lierse SK).

Nguyen Cong Phuong

© GETTYIMAGES
Nguyen Cong Phuong, saat menendang bola di lapangan. Copyright: GETTYIMAGESNguyen Cong Phuong, saat menendang bola di lapangan.

Nguyen Cong Phuong berkesempatan untuk mentas di divisi satu Liga Belgia bersama klub Sint-Truidense VV dengan status pinjaman.

Pemain berjuluk ‘Messi Vietnam’ itu merupakan pemain kedua dari negaranya yang pernah tampil di Eropa setelah Lee Cong Vinh yang tampil untuk Leixoes S.C. di Liga Portugal.

Firza Andika

© afctubize_asia_official
Pemain muda asal Indonesia, Firza Andika, berhasil mencetak dua gol untuk AFC Tubize U-18 saat pertandingan persahabatan melawan Marcet Academy of Barcelona Copyright: afctubize_asia_officialPemain muda asal Indonesia, Firza Andika, berhasil mencetak dua gol untuk AFC Tubize U-18 saat pertandingan persahabatan melawan Marcet Academy of Barcelona

Setelah Egy Maulana Vikri yang bergabung ke Lechia Gdansk di Polandia, Firza Andika pernah membuat kejutan dengan bergabung ke klub divisi satu liga amatur Belgia, AFC Tubize, dengan kontrak dua tahun.

Namun sayangnya, petualangan Firza bersama AFC Tubize tidak berlangsung lama. Ia kembali ke Indonesia dan memperkuat PSM Makassar di putaran kedua Liga 1.

Sebelum Firza, Arthur Irawan pernah mencicipi kompetisi Liga Belgia bersama Waasland-Beveren. Arthur dikontrak pada Agustus 2014 dengan durasi satu tahun dengan opsi perpanjangan setahun.