Liga Inggris

5 Kapten Terbaik di Era Liga Primer Inggris

Sabtu, 5 Oktober 2019 03:18 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Metro
Legenda Arsenal, Tony Adams. Copyright: © Metro
Legenda Arsenal, Tony Adams.

INDOSPORT.COM - Jabatan kapten di dalam tim sepak bola sangatlah penting. Tak hanya memimpin rekannya di lapangan, kapten juga berperan di ruang ganti. 

Maka dari itu, jabatan kapten sering diisi oleh pemain-pemain dengan peran penting di starting eleven. 

Pentingnya sebuah kapten di dalam tim juga dirasakan di kompetisi Liga Primer Inggris

Misalnya saja klub Chelsea yang sudah ditinggal John Terry. Ketika Terry pergi, Chelsea seperti kehilangan sosok pemimpin baik di lapangan maupun ruang ganti. 

Ada banyak lagi kapten-kapten terbaik lain yang pernah bermain di era Liga Primer Inggris. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. Roy Keane

Roy Keane merupakan bagian dari kesuksesan Manchester United dalam merajai Liga Primer Inggris.

Bukan hanya jadi andalan di lapangan tengah, Roy Keane adalah kapten yang mendampingi kesuksesan Man United di era 90-an sampai 2000-an. 

Roy Keane ditunjuk menjadi kapten Man United menggantikan Eric Cantona yang pensiun dini pada musim 1997-1998. 

Di musim penuh pertamanya menjadi kapten (1998-1999), ia memimpin Man United meraih gelar treble winner, yakni Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala FA. 

Selama jadi kapten Setan Merah, Keane merengkuh empat gelar liga, dua FA, dan satu Liga Champions. 

2. Alan Shearer

Nama Alan Shearer akan selalu melekat pada sejarah Liga Primer Inggris. Walau tak meraih banyak gelar dan tak pernah membela tim The Big Four, namun Shearer tetap jadi salah satu legenda terbesar di Inggris. 

Nama Alan Shearer mulai meroket sejak membela klub Blackburn Rovers. Di tim ini ia merasakan gelar Liga Inggris musim 1994-1995 dan menjadi andalan Timnas Inggris. 

Akan tetapi, di Newcastle Unitedlah namanya terpatri dalam-dalam di sejarah Liga Primer. 

Di tim ini ia menjadi mesin gol menakutkan dan sekaligus jadi legenda klub. 

Bergabung sejak 1996, ia sudah ditunjuk menjadi kapten sejak musim 1998-1999. Dari sini ia terus memimpin rekan-rekannya sampai pensiun pada 2006.  

3. Tony Adams

Tony Adams bisa dibilang adalan Paolo Maldini-nya AC Milan. Tony Adams menghabiskan 22 tahun kariernya hanya untuk membela Arsenal. 

Tony Adams sudah menjadi kapten Arsenal sebelum dibentuknya Premier League. Pemain berposisi bek tengah ini menjadi kapten pada tahun 1988, tepatnya ketika ia masih berusia 21 tahun. 

Adams pun memegang jabatan itu selama 14 tahun ke depan. Selama membela Arsenal, Tony Adams telah memenangkan empat gelar Liga Inggris, tiga Piala FA, dan satu Piala Winners.

Tony adams mencatatkan 674 penampilan untuk Arsenal dan jadi kapten klub paling sukses. 

2. John Terry 

John Terry adalah kapten tersukses yang pernah membela klub Chelsea. Ia adalah satu-satunya pemain yang pernah memimpin Chelsea meraih lima gelar juara Liga Primer Inggris, empat Piala FA, tiga Piala Liga, satu Liga Champions, dan satu Liga Europa. 

Semua gelar penting yang bisa dimenangkan Chelsea berhasil dimenangkan pemain berposisi bek tersebut. 

Terry pertama kali menjadi kapten pada musim 2004-2005. Saat itu, ia dipilih menjadi kapten oleh pelatih legendaris The Blues, Jose Mourinho. 

Di musim perdanannya sebagai kapten, ia membawa Chelsea sebagai tim dengan catatan pertahanan terbaik dalam sejarah Liga Inggris. 

1. Steven Gerrard

Jika menbicarakan Liverpool di era modern, pasti nama terdepan yang terlintas adalah Steven Gerrard. 

Gerrard memang belum pernah memenangkan gelar Liga Inggris bersama Liverpool. Namun kepemimpinannya yang hebat terus dikenang.

Salah satunya adalah saat membawa The Reds menjadi juara Liga Champions 2005 dalam final yang dramatis di Istanbul. 

Sebagai kapten, Gerrard hanya memenangkan tiga gelar penting bersama Liverpool. Namun di atas lapangan, ia menjadi pemain penting dan selalu jadi panutan. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%