Liga Indonesia

Fary Francis Masuk Bursa Calon Ketum PSSI, Legenda Timor Leste Gembira

Senin, 7 Oktober 2019 20:46 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© http://www.garudayaksa.com/INDOSPORT
Fary Djemy Francis, calon ketum PSSI Copyright: © http://www.garudayaksa.com/INDOSPORT
Fary Djemy Francis, calon ketum PSSI

INDOSPORT.COM – Komite Pemilihan PSSI telah mengumumkan para kandidat yang mencalonkan diri menjadi anggota Komite Eksekutif PSSI. Adapun dalam rilis resmi tersebut, komite telah menetapkan sepuluh calon nama Ketua Umum PSSI.

Salah satu calon ketua umum PSSI, terdapat seorang politisi yang juga berkecimpung di dunia sepak bola, yakni Fary Djemy Francis.

Fary Francis pernah menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019, dan pada tahun 2018 sempat menjabat sebagai manajer Timnas Pelajar U-16 Indonesia untuk mengikuti turnamen Gothia Cup di China.

Lahir dan besar di Dili (sekarang Timor Leste), Fary Francis tetap berkomitmen untuk memajukan sepak bola Tanah Air. Hal itu diakui oleh rekan Fary yang juga merupakan mantan pesepakbola nasional, Jusup Luluporo.

“Ada sahabat saya di situ (calon Ketua Umum PSSI), dulu kami dari Timor Timur, mantan ketua DPR Komisi V, Bang Fary Francis,” sebut Jusup Luluporo kepada awak media olahraga INDOSPORT, Senin (07/10/19).

“Dia senior saya main bola di Timor Timur dulu, kalau lihat dia bukan orang baru sih (di sepak bola), hanya memang baru-baru ini berkecimpung di sepak bola nasional. Kita juga butuh orang baru, karena kita lihat selama ini kan PSSI orangnya itu-itu saja,” tambah eks pemain Barito Putera tersebut.

“Tapi kembali ke voternya lagi, kalau kita yang di luar ini sih maunya yang baru, yang belum pernah di PSSI, jadi betul-betul memiliki komitmen untuk memajukan sepak bola nasional, memberantas mafia-mafia,” imbuhnya.

Jusup Luluporo juga mengakui jika komitmen Fary Francis untuk sepak bola Indonesia sangat baik, terbukti dengan dibentuknya Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Timur di Atambua, perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

“Memang kita harus mencari figur seperti itu, dia (Fary Francis) sudah punya SSB di Atambua, perbatasan, pelatihnya kalau nggak salah dari Belanda,” tukasnya.

Legenda sepak bola nasional asal Timor Leste itu pun dengan tegas menyatakan dukungannya untuk Fary Djemy Francis sebagai Ketua Umum PSSI dalam pemilihan yang akan digelar pada 2 November mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%