Liga Indonesia

Berefek Positif, Legenda Persebaya Minta Elite Pro Academy Terus Digelar

Rabu, 9 Oktober 2019 17:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Legenda Persebaya Surabaya, Uston Nawawi. Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Legenda Persebaya Surabaya, Uston Nawawi. Foto: Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Legenda Persebaya Surabaya, Uston Nawawi, berharap program Elite Pro Academy terus berlanjut pada kompetisi mendatang. Keberadaan liga dengan tiga kelompok usia ini berpotensi mengubah kekuatan Timnas Indonesia.

Elite Pro Academy baru berjalan dua musim. Tahun lalu, bahkan hanya ada kompetisi untuk usia 16 tahun, sementara musim kedua ini terdapat tiga kompetisi berbeda dengan kategori usia U-16, U-18, serta U-20.

Uston Nawawi menjadi satu dari deretan mantan pemain timnas Indonesia yang terlibat dalam Elite Pro Academy. Dia menjabat pelatih Persebaya Surabaya U-20 dan sukses membawa timnya menembus semifinal.

Dari pandangan Uston, Elite Pro Academy merupakan terobosan penting yang akan berdampak positif pada sepak bola Indonesia. Para pemain muda jadi terasah dalam kompetisi hingga nantinya sudah matang saat masuk jenjang senior.

"Timnas yang baik dimulai dari pembinaan usia muda. Salah satu kawah candradimukanya pemain muda itu kompetisi. Elite Pro Academy sangat bagus, sebagai pembelajaran, baik untuk pemain maupun pelatih," ucap Uston Nawawi, Selasa (8/10/19).

Timnas Indonesia U-16 merupakan prestasi pertama Elite Pro Academy. Pasukan Bima Sakti mampu menembus putaran final Piala Asia U-16 2020 di Bahrain dan berhunikan mayoritas pemain yang berkompetisi di Elite Pro Academy.

"Lihat saja timnas U-16 sudah ada bukti. Di timnas U-19 juga banyak dari Elite Pro Academy. Mudah-mudahan ini berkelanjutan terus. Jangan sampai yang sudah bagus, akhirnya terhenti," tukas pelatih berlisensi A AFC ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%