Liga Indonesia

Termasuk Persib, Ini 8 Klub Liga 1 yang Lolos Pengajuan Lisensi AFC 2019

Senin, 14 Oktober 2019 12:16 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persib Bandung Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persib Bandung

INDOSPORT.COM - Terdapat 8 klub peserta Liga 1 2019 yang telah diajukan PSSI meraih lisensi AFC dan salah satu diantaranya ada nama Persib Bandung.

Program mendapatkan lisensi AFC sendiri merupakan salah satu rangkaian dalam proses verifikasi klub sepak bola profesional di Indonesia.

Selain itu memiliki lisensi AFC juga bisa berpartisipasi di kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Asian Football Confederation (AFC).

Pada 2019, terdapat 16 klub Liga 1 yang berpartisipasi di kegiatan Club Licensing. Keputusan Licensing terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Granted, Granted with Sanction, dan Rejected.

Dari proses yang telah ditempuh, terdapat 6 klub yang mendapatkan status 'Granted', 2 klub mendapatkan status 'Granted with Sanction', dan 8 klub mendapatkan status 'Rejected'.

© INDOSPORT.COM/Tiyo Bayu
Ilustrasi perjalanan klub-klub Indonesia di kompetisi Asia (Foto: INDOSPORT.COM/Tiyo Bayu) Copyright: INDOSPORT.COM/Tiyo BayuIlustrasi perjalanan klub-klub Indonesia di kompetisi Asia (Foto: INDOSPORT.COM/Tiyo Bayu)

Klub yang mendapatkan status 'Granted' adalah Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Sementara itu klub yang mendapatkan status 'Granted with Sanction' ialah Bali United dan Bhayangkara FC. Namun keduanya tetap bisa tampil di level Asia dengan memenuhi sisa syarat.

Chairperson Club Licensing Committee Timmy Setiawan berhadap dengan adanya standar ini, klub sepak bola profesional di Indonesia memiliki referensi lebih.

"Standar kualitas manajemen klub selalu menjadi prioritas dalam pengembangan sepak bola modern baik dari AFC maupun PSSI," kata Timmy dinukil laman resmi PSSI.

Club Licensing Department sendiri memiliki pekerjaan rumah untuk segera menyelesaikan sosialisasi lisensi nasional untuk peserta Liga 1.

Selain itu regulasi lisensi nasional di Liga 2 juga tengah disiapkan. Termasuk perumusan aspek bisnis yang sudah mulai diterapkan di beberapa federasi negara di Asia.