Bola Internasional

Ditukangi Park Hang-seo, Vietnam Torehkan Statistik Gila Usai Tekuk Timnas Indonesia

Sabtu, 19 Oktober 2019 07:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Skuat Timnas Vietnam Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Skuat Timnas Vietnam

INDOSPORT.COM – Timnas Vietnam benar-benar membuktikan dirinya sebagai raja sepak bola Asia Tenggara lewat statistik selama tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Terakhir, anak asuh pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, itu berhasil menaklukkan timnas Indonesia dengan skor 3-1 dalam duel di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/19).

Hasil ini mengukuhkan posisi Vietnam di peringkat kedua dengan perolehan tujuh poin dari tiga pertandingan. Mereka sejauh ini hanya kalah selisih gol dari sang pemuncak klasemen, Thailand.

Dua kemenangan atas Malaysia dan Indonesia plus seri melawan Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadikan Vietnam kini berhasil memperpanjang statistik apik di bawah asuhan Park Hang-seo.

Dilansir dari Vietnam Football Daily, dari 13 pertandingan yang dilakoni Vietnam bersama Park Hang Soe, mereka sudah memenangi 10 di antaranya, dan tiga laga sisanya berakhir imbang.

Selain itu, The Golden Star (julukan Vietnam) sudah mengantongi 24 gol dan hanya kebobolan tujuh kali dari 13 pertandingan secara keseluruhan.

Statistik yang cukup apik itu seolah menjadi pelipur lara atas kegagalan mereka menjuarai Asian Games 2018. Sejak saat itu mereka tampil menggila dan berhasil mengklaim trofi Piala AFF 2018, gelar kedua setelah edisi 2008.

Park Hang-seo sendiri ditunjuk sebagai pelatih timnas Vietnam pada Oktober 2017. Mantan pelatih Korea Selatan itu pernah berhasil membawa timnas U-23 negaranya meraih medali perunggu Asian Games 2002.