In-depth

Apa Kabar Dadang Hidayat? One Man One Club di Persib Bandung

Rabu, 23 Oktober 2019 12:04 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan pemain Persib, Dadang Hidayat saat ditemui INDOSPORT di Lapangan Lodaya, Kota Bandung belum lama ini. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan pemain Persib, Dadang Hidayat saat ditemui INDOSPORT di Lapangan Lodaya, Kota Bandung belum lama ini.

INDOSPORT.COM - Nama Dadang Hidayat sudah tidak asing lagi di kalangan Bobotoh karena merupakan mantan pemain dan juga kapten Persib Bandung di era 2000-an. Apa kabar ia?

Kesetiaan Dahi, sapaan akrabnya, terhadap tim berjuluk Maung Bandung sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, selama berkarir sebagai pesepak bola profesional, Dadang Hidayar hanya bermain untuk Persib, sehingga menjadi salah satu yang dijuluki 'One man, one club'. 

Dahi mengawali karirnya bersama tim Persib sejak tahun 1993 dan memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2005. Bersama tim Maung Bandung, ia merasakan gelar juara Liga Indonesia 1 1994/1995.

Setelah lama tak terdengar kabarnya, mantan pemain Persib yang erat dengan nomor punggung 24 ini mengaku, mulai belajar untuk menjadi pelatih sepak bola. 

Dahi menuturkan, kegininannya untuk kembali ke dunia sepak bola sudah cukup lama, namun baru bisa memulainya belum lama ini. Karena, sebelumnya tidak memiliki waktu luang, lantaran bekerja di salah satu perusahaan swasta. 

"Kerja sudah resign, jadi sekarang mulai belajar untuk melatih, sudah belajar sedikit, tapi belum turun langsung di lapangan masih tanya-tanya sama teman-teman yang sudah lebih dulu terjun melatih," kata Dahi kepada INDOSPORT

Dahi menyadari, bukan perkara mudah untuk menjadi seorang pelatih. Sehingga, mantan bek Persib ini memilih untuk mengawali karir kepelatihannya dari bawah dengan melatih anak-anak. 

"Inginnya belajar ya dari bawah dulu dari grass roots dari anak usia dini, ingin belajar gimana cara membagi pengalaman, bisa membetuk anak supaya bisa main bola dengan baik," jelasnya. 

Selain belajar untuk menjadi pelatih sepak bola, Dahi sering mengisi waktu untuk berkumpul bersama mantan pemain Persib lainnya dan bermain bola bersama. 

"Aktivitas paling kumpul-kumpul sama mantan Persib yang sebaya. Kalau enggak sama yang senior juga suka gabung juga, kebetulan Persib yang juara Liga ke 1 mulai aktif lagi sering kumpul-kumpul, paling sebatas itu," ungkapnya.

Sebagai informasi, nomor punggung 24 yang dulu digunakan oleh Dahi, saat ini dipakai oleh Hariono yang berkostum Persib Bandung sejak musim 2008

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%