Bola Internasional

Dari Surat Jokowi Sampai Andil Erick Thohir, Seperti Ini Proses Bidding Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kamis, 24 Oktober 2019 23:52 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021 Copyright: © INDOSPORT
Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021

INDOSPORT.COM - FIFA secara resmi mendaulat Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam pertemuan di Shanghai, China, Kamis (24/10/19).

Indonesia mengalahkan Brasil dan Peru dalam proses bidding. Brasil mengundurkan diri di saat terakhir, sedangkan Peru terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2021.

Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah telah disampaikan induk sepak bola Indonesia, PSSI, melalui akun media sosial Twitter dan Instagram resmi.

Ini kali kedua Indonesia berpartisipasi setelah terakhir 40 tahun yang lalu pada Piala Dunia U-20 1979 yang digelar di Tokyo, Jepang.

Hal ini pun tak luput dari perhatian Menpora yang baru terpilih, Zainudin Amali. Melalui konferensi pers malam ini, Kamis (24/10/19), Menpora menyampaikan rasa syukurnya sekaligus menceritakan proses perjuangan Indonesia untuk dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. 

"Sehingga kita bersyukur pemerintah, dan khususnya Kemenpora, dan insan sepak bola kita, PSSI, dan seluruh masyarakat sepak bola, tentunya harus bisa mensyukuri ini," ujar Zainudin Amali. 

Surat Jokowi sampai Mengutus Erick Thohir

Menurut keterangan Zainudin Amali, proses bidding tuan rumah diawali dengan surat permohonan izin yang diajukan oleh Menpora Imam Nahrawi kepada Presiden Joko Widodo pada 19 Juli 2019 terkait pengajuan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. 

Presiden Jokowi pun segera merespons permohonan izin dari Kemenpora dengan menyampaikan surat kepada FIFA pada tanggal 7 Agustus. Dilampirkan di surat tersebut berupa jaminan dari empat menteri dan Kapolri. 

Empat menteri yang memberikan jaminan adalah Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Menteri Keuangan. Jaminan juga datang langsung dari Kapolri. 

Sebagai tindak lanjut, pemerintah pun menunjuk Ketua KOI sekaligus pengusaha papan atas Tanah Air, Erick Thohir, untuk diutus ke FIFA. 

Erick Thohir diminta sebagai representasi pemerintah dan bertugas melakukan lobi-lobi di FIFA dan beberapa negara. 

Selain itu, KBRI bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri juga melakukan lobi-lobi kepada negara-negara yang akan menentukan suaranya di pilihan bidding nanti. 

Menurut Zainudin Amali, adanya jaminan dari pemerintah terhadap niatan Indonesia menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 jadi kelebihan yang membuat FIFA akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Indonesia. Tentunya segala proses ini pun juga dibarengi dengan kerja keras PSSI, selaku induk sepak bola tertinggi Tanah Air. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%