In-depth

Luis Milla dan Mario Gomez, Mana yang Cocok untuk Timnas U-19 di Piala Dunia U-20?

Jumat, 25 Oktober 2019 17:35 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Ilustrasi INDOSPORT
Luis Milla dan Mario Gomez, mana yang cocok untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021? Copyright: © Ilustrasi INDOSPORT
Luis Milla dan Mario Gomez, mana yang cocok untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021?

INDOSPORT.COM – FIFA secara resmi telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang pada Kamis (24/10/19) kemarin.

Kepastian itu diumumkan langsung oleh akun media sosial PSSI setelah mengikuti acara FIFA Council Meeting di Shanghai, China.

Indonesia berhasil mengalahkan kandidat terkuat lainnya dalam proses bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, yakni Brasil dan Peru.

Situasi ini membuat PSSI harus bekerja keras untuk memperbaiki kompsisi di tubuh Timnas Indonesia U-19 sebelum bertarung di ajang prestisius tersebut.

Otoritas tertinggi sepak bola Indonesia tersebut wajib mencari sosok yang tepat untuk menukangi Timnas Indonesia U-19. Mengingat ini bukan ajang main-main.

Meski saat ini Garuda Nusantara sudah memiliki pelatih yang cukup kompeten, yakni Fakhri Husaini. Namun tak ada salahnya jika PSSI mencari opsi lain, bila kinerjanya menurun di tengah jalan.

Pelatih lain yang cocok untuk mengantisipasi situasi tersebut salah satunya adalah Luis Milla dan Mario Gomez. Karena kedua pelatih itu sudah memahami filosofi sepak bola Indonesia.

Luis Milla sudah mengetahui peta kekuatan para pemain Indonesia, karena pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia selama kurang lebih 1,5 tahun.

Sedangkan pengalaman Mario Gomez di kompetisi Liga 1 2019 juga sudah hampir dua tahun. Situasi ini membuatnya paham dengan karakter permainan pemain Indonesia.

Lalu siapakah sosok pelatih asing yang tepat untuk menemani langkah Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang?

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Luis Milla memberi arahan kepada para pemainnya. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih Luis Milla, bisa jadi opsi untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021.

Luis Milla memang bisa dikatakan gagal mencapai target saat bertarung di Asian Games 2018 lalu. Akan tetapi, sejumlah pecinta sepak bola nasional menganggap bahwa Timnas Indonesia masih membutuhkan sosoknya.

Nama Luis Milla saat ini telah menjadi perbincangan di tanah air setelah Simon McMenemy gagal total membuat Timnas Indonesia bertaring di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun tidak salahnya jika PSSI meminta pelatih asal Spanyol tersebut untuk membantu Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Mengingat Timnas Indonesia senior sendiri tak memiliki agenda penting internasional lainnya. Tim Garuda hanya akan bertarung di Piala AFF 2020 mendatang.

Hadirnya Luis Milla tentunya bakal menambah kepercayaan diri suporter Indonesia. Bahkan Itu bisa membuat mental para pemain Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021 nanti.

Apabila PSSI tidak menyanggupi bayaran Luis Milla yang mungkin terlalu tinggi, mereka juga bisa memanfaatkan salah satu pelatih terbaik di Liga 1, yakni Mario Gomez.

© Instagram@ borneofc.id
Pelatih Borneo FC, Mario Gomez. Foto: Instagram@ borneofc.id Copyright: Instagram@ borneofc.idPelatih Mario Gomez, bisa jadi opsi untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021.

Tak banyak yang mengetahui, jika Mario Gomez memiliki kualitas. Maklum, dirinya belum pernah meraih gelar di persepakbolaan Indonesia.

Akan tetapi, pelatih berkebangsaan Argentina tersebut telah melakukan pekerjaan bagus di dua tim Liga 1, yakni Persib Bandung dan Borneo FC.

Pada musim lalu, Mario Gomez berhasil membawa Maung Bandung menyelesaikan Liga 1 di posisi ke-4 dengan torehan 52 poin. Performa itu meningkat drastis dari Liga 1 2017 lalu.

Sedangkan bersama Borneo, dirinya mampu membawa timnya merangsek ke zona tiga besar klasemen sementara Liga 1 2019.

Ini merupakan pencapaian yang bagus untuk Borneo, mengingat pada musim lalu mereka hanya mampu finis di posisi ke-7.

Borneo FC saat ini hanya kalah satu kali dari 18 pertandingan terakhir yang mereka lakoni. Tak ada tim lain yang menyamai capaian ini di Liga 1 musim 2019. 

Konsistensi Mario Gomez di Liga 1 dengan dua klub berbeda ini membuat dirinya layak untuk membantu Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Karena dirinya mampu membuat tim menjadi lebih menakutkan dengan komposisi pemain seadanya. Bayangkan jika ia memoles bakat hebat sepak bola muda Indonesia?

Namun cocok atau tidaknya Luis Milla dan Mario Gomez untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021, belum bisa terjawab. Itu baru bisa terjawab ketika PSSI benar-benar mempekerjakan salah satu dari mereka.