Liga Indonesia

Cedera Otot, Bek PSM Makassar Akhiri Liga 1 Musim Ini Lebih Awal?

Senin, 28 Oktober 2019 15:15 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ilija Spasojevic dipeluk oleh Abdul Rahman Sulaeman di Stadion Kapten I Wayan Dipta pekan Liga 1 ke-14. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ilija Spasojevic dipeluk oleh Abdul Rahman Sulaeman di Stadion Kapten I Wayan Dipta pekan Liga 1 ke-14.

INDOSPORT.COM - Bek PSM Makassar, Abdul Rahman, diprediksi mengakhiri Shopee Liga 1 2019 lebih awal akibat cedera otot paha yang dia alami sejak melawan Persipura Jayapura di pekan ke-21. Pemain 31 tahun itu bahkan hanya bermain 13 menit sebelum digantikan oleh Hasim Kipuw.

Pemilik 64 penampilan untuk PSM ini awalnya diprediksi bakal kembali merumput pada pertengahan November nanti. Sebab, berdasarkan diagnosa dokter, Abdul Rahman hanya perlu enam pekan untuk memulihkan cedera pahanya.

Akan tetapi, saat ditemui awak redaksi berita olahraga INDOSPORT di sela-sela acara perayaan hari jadi Komunitas Dottoro Suporter (KDS) PSM Makassar, Rahman menjelaskan kondisi terkini cederanya.

"Ada tiga robekan di otot ligamen dan satu ACL,tapi untung saja tak sampai putus sehingga tidak perlu dioperasi. Saya hanya perlu melakukan terapi untuk penyembuhan," ungkap Rahman, Sabtu (26/10/19), malam.

"Pekan kedua November saya sudah menjalani program dari pelatih, yaitu mulai berlari-lari kecil saat latihan. Soal peluang bermain di sisa musim tetap ada meskipun kecil," tandas dia.

Kabar tersebut tentunya bukan yang diinginkan PSM Makassar maupun suporternya. Pelatih Darije Kalezic kini tak memiliki banyak opsi untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Abdul Rahman.

Praktis, PSM hanya memiliki dua pemain berposisi sebagai bek murni, yakni Aaron Evans dan Munhar. Bahkan, Darije Kalezic mentranformasi posisi Kipuw yang notabene sebagai bek sayap menjadi bek tengah.

Saat menggulung Arema FC beberapa waktu lalu, sang pelatih menduetkan Aaorn Evans dengan Raphael Maitimo di jantung pertahanan PSM. Sebab, Hasim Kipuw terkena akumulasi kartu dan Munhar menderita cedera.

Pasca-Abdul Rahman cedera, PSM Makassar baru sekali menorehkan clean sheet di laga terakhir melawan Madura United. Gawang Rivky Mokodompit pun telah dibobol delapan kali sepanjang periode tersebut.