Liga Indonesia

Jika jadi Ketum PSSI, Sarman Ingin Indonesia Keluar dari AFF

Rabu, 30 Oktober 2019 22:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu calon ketua umum PSSI, periode 2019-2023, Sarman El Hakim mengatakan menarik diri dari keanggotaan AFF. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu calon ketua umum PSSI, periode 2019-2023, Sarman El Hakim mengatakan menarik diri dari keanggotaan AFF.

INDOSPORT.COM - Salah satu calon ketua umum PSSI, periode 2019-2023, Sarman El Hakim mengatakan siap melakukan terobosan baru jika terpilih menjadi orang nomor 2 di federasi sepak bola nasional. Sarman menyatakan akan menarik diri dari keanggotaan AFF.

Menurut Sarman, segala kegiatan di AFF seperti Piala AFF tak banyak memberikan keuntungan bagi Timnas Indonesia. Baginya, kejuaraan seperti SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade lebih mempertaruhkan harga diri bangsa.

"Saya salah satu orang yang selalu katakan tinggalkan AFF. Karena agenda kita banyak, ada SEA Games, Asian Games, ada Olimpiade. Saking kita konsntrasi ke AFF jadi lupa, itu dampak negatifnya," katanya.

"Kalau saya terpilih, saya akan tinggalkan AFF. Gak ada manfaatnya AFF di ASEAN, wadah kita itu AFC," imbuh Sarman.

Sebagai informasi, Piala AFF dan AFF memang tidak tercatat dalam keanggotaan FIFA. Namun, kejuaraan se-Asia Tenggara itu sejatinya berada dalam koridor federasi sepak bola Asia atau AFC.

Di sisi lain, Sarman akan berebut kursi nomor 1 di PSSI pada 2 November mendatang. Ia akan bersaing bersama sepuluh kandidat lain yakni Avent Hinelo, Benhard Limbong, Benny Erwin, La Nyalla Mattaliti M. Iriawan, Rahim Soekasah dan Vijaya Fitriyasa serta Sarman El Hakim, Yesayas Oktavianus, dan Arief Putra Wicaksono yang lolos banding.