Liga Indonesia

Jadi Ketum PSSI, Iwan Bule Diminta Benahi Wasit Sepak Bola Indonesia

Sabtu, 2 November 2019 15:46 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© mochamadiriawan84
Manajer Madura FC, Januar Herwanto berharap sebagai Ketua Umum PSSI terpilih, Iwan Bule bisa membenahi sektor wasit dalam laga sepak bola di Indonesia. Copyright: © mochamadiriawan84
Manajer Madura FC, Januar Herwanto berharap sebagai Ketua Umum PSSI terpilih, Iwan Bule bisa membenahi sektor wasit dalam laga sepak bola di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Federasi sepakbola Indonesia, PSSI sudah sah mempunyai ketua umum yang baru. Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule secara resmi mimpin PSSI empat tahun mendatang.

Iwan Bule terpilih menjadi ketua umum PSSI setelah berhasil meraih suara sebanyak 82 dari total 85 suara dan 3 suara abstain. Dengan terpilihnya ketua umum PSSI yang baru ini sejumlah harapan pun mengalir.

Seperti yang disampaikan oleh manajer Madura FC, Januar Herwanto kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT pada Sabtu (02/11/19). "Semoga ada spirit dan harapan baru tentntang sepak bola kita," katanya.

Selain itu Januar tak lupa untuk mengingatkan ketua umum PSSI yang baru agar selalu fokus melawan match fixing. "Match fixing harus dimulai dari zero tolerant," imbuh Januar.

Satu hal yang menurutnya supaya praktik match fixing ini tidak berkembang dan segera dapat dihentikan oleh Iwan Bule yakni melalui wasit.

Nah, kenapa wasit yang perlu diutamakan menurut Januar Herwanto. Hal ini dikarenakan wasit merupakan garda terdepan dari setiap pertandingan yang berlangsung di liga Indonesia.

"Karena kegagalan sepak bola kita dimulai dari wasit. Dia yang bisa membuat lonjong (bola) bahkan mengkotakkannya di titik pinalti. Tanpa wasit yang benar maka sepakbola kita hanya berkembang biak dalam asbak," tutupnya.

Perlu diketahui, setelah terpilih menjadi Ketua Umum PSSI, Iwan Bule mengatakan pada awak media akan segera menemui FIFA untuk membahas Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.