In-depth

Menanti 8 Janji Fenomenal Iwan Bule Usai Resmi Jadi Ketua PSSI

Sabtu, 2 November 2019 14:53 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Menanti 8 Janji Fantastis Iwan Bule Usai Resmi Jadi Ketua PSSI. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Menanti 8 Janji Fantastis Iwan Bule Usai Resmi Jadi Ketua PSSI.

INDOSPORT.COM – Mochamad Iriawan atau yang lebih akrab disapa Iwan Bule secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, Sabtu (02/11/19).

Penunjukkan Iwan Bule untuk menduduki kursi tertinggi federasi sepak bola Indonesia tersebut dihasilkan melalui Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La.

Iwan Bule terpilih secara sah usai mendapat total 82 suara. Menariknya, suara tersebut diraih dari total 85 voter yang hadir di KLB tersebut.

Sementara tiga voter lainnya, dihitung sebagai abstain karena salah dalam melakukan pengisian. Dengan begitu, kemenangan mutlak pun diraih oleh Iwan Bule.

Sebelum terpilih sebagai Ketua Umum PSSI, nyatanya Iwan Bule memiliki janji dan program untuk memperbaiki sepak bola Indonesia.

Komisaris Jenderal Polisi tersebut setidaknya memiliki delapan janji untuk meningkatkan prestasi Timnas Indonesia di kancah internasional.

Delapan janji tersebut nyatanya ia ucapkan, salah satunya dalam wawancara eksklusif bersama portal berita olahraga Indonesia INDOSPORT.

“Kita akan memperbaiki pembinaan usia muda. Kemudian digitalisasi data sepak bola, soccer camp, PSSI saja tidak ada kantornya maksudnya dalam artian kantor sendiri, lapangan sepak bola sendiri saja tidak ada itu menjadi salah satu rencana saya,” ujarnya.

Dan tidak lupa, Iwan Bule juga mencermati masalah match fixing yang sempat mendera di tubuh PSSI. Dengan keyakinan match fixing sudah tidak boleh ada lagi di sepak bola Indonesia.

“Juga, masalah match fixing, pengaturan skor dan pengaturan wasit itu harus sudah tidak ada lagi,” tegas Iwan Bule.

“Lalu, tahun 2020, Indonesia menggapai juara Asia Tenggara, tahun 2022 juara Asia dan lolos ke Piala Dunia 2026,” lanjutnya.

Berikut 8 janji Iwan Bule sebelum dirinya ditunjuk sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023:

1. Pengembangan Usia Muda

2. Digitalisasi Data Sepak Bola

3. Soccer Camp

4. Membangun Kantor PSSI

5. Juara Piala AFF 2021

6. Juara Piala AFC 2022

7. Lolos Piala Dunia 2026

8. Berantas Match Fixing

Iwan Bule pun membutuhkan bantuan pemerintah. Karena menurutnya, tanpa bantuan pemerintah sepak bola Indonesia tidak akan maju.

“Apalagi Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional,” ujarnya Iwan Bule beberapa waktu lalu.

“Kita patut bangga memiliki Presiden yang memiliki perhatian kepada sepak bola,” lanjut Ketua Umum PSSI yang baru tersebut.

Agar bisa mewujudkan ke-8 janji yang ia obral sebelum menduduki kursi PSSI, memang sangat mustahil jika Iwan Bule bergerak sendirian.

Pemerintah juga harus bersinergi dengan program yang dijalankan Iwan Bule untuk membangun kekurangan yang dalam persepakbolaan Indonesia.