Liga Indonesia

Timnas Indonesia U-23 dan Putri Jalani Vaksinasi Jelang SEA Games 2019

Jumat, 8 November 2019 19:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 dan putri menjalani vaksinasi jelang keikutsertaan di SEA Games 2019 pada Kamis (08/11/19) di Hotel Sultan Senayan, Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 dan putri menjalani vaksinasi jelang keikutsertaan di SEA Games 2019 pada Kamis (08/11/19) di Hotel Sultan Senayan, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 dan putri menjalani vaksinasi jelang keikutsertaan di SEA Games 2019 pada Kamis (08/11/19) di Hotel Sultan Senayan, Jakarta.

Hal itu wajib dilakukan lantaran Filipina yang menjadi tuan rumah SEA Games sedang dilanda wabah polio dan pemerintah negara tersebut mewajibkan setiap pendatang wajib memiliki sertifikat vaksinasi polio.

Dokter Timnas Indonesia U-23, Syarif Alwi mengatakan tindakan vaksinasi dilakukan sebagai bagian dari upaya pencegahan. Tidak hanya pemain, semua tim pelatih dan official, baik tim putra maupun putri diwajibkan menjalani vaksin suntik.

"Vaksin polio ini perlu. Meski sebagian besar negara ASEAN telah mendapat vaksin, wabah polio di Manila saat ini sedang merebak," kata Syarif Alwi.

"Kami mewajibkan pemain kita (divaksinasi). Lebih baik mencegah daripada tiba-tiba ada yang terkena penyakit," imbuhnya.

Sementara itu, Menpora, Zainudin Amali yang juga ikut dalam kegiatan tersebut, menegaskan semua pihak harus menjalani prosedur yang ditetapkan pemerintah Filipina karena bersifat tegas.

Tak hanya official dan tim, para jurnalis hingga masyarakat umum yang akan mendukung langsung di Filipina, diimbau melakukan vaksin polio.

"Semuanya harus vaksin termasuk media karena kalau tidak ada kartu vaksin itu tidak bisa masuk Filipina. Makanya kita pesan ke masyarakat, yang akan support kontingen Indonesia tolong sekarang divaksin dua minggu sebelum berangkat.  Kita tak mau ada atlit official maupun semuanya terkena dan membawa itu ke tanah air," tegasnya.

Timnas Indonesia U-23 akan berangkat ke Filipina pada 19 November mendatang. Sebelum itu, skuat Garuda Muda dijadwalkan menjalani dua laga uji coba kontra Iran pada 13 dan 16 November.