Liga Indonesia

Selangkah Lagi Jadi WNI, Ini Rencana Fabiano Beltrame di Persib

Minggu, 10 November 2019 09:13 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemain klub Shopee Liga 1 2019, Persib Bandung, Fabiano Beltrame selangkah lagi resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI), setelah melalui beberapa proses yang cukup panjang. 

Menurut pemain yang berposisi sebagai bek ini, kemungkinan besar akhir bulan ini sudah menjadi WNI. Karena, proses naturalisasinya menjadi WNI sudah mendapatkan persetujuan dari Komisi III dan X DPR RI.

Mantan pemain Madura United ini tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya, pasalnya setelah menunggu cukup lama, proses naturalisasinya menjadi WNI akan segera selesai. 

"Kemarin di Komisi III sudah setujui, begitu juga di komisi X. Saya senang, karena di depan mereka ada banyak orang penting di Indonesia, sesuatu yang sangat luar biasa buat saya," kata Fabiano Beltrame, Sabtu (09/11/2019). 

"Sekarang sudah di DPR kembali ke Setneg, nanti Presiden tanda tangan. Sudah itu sumpah, mungkin akhir bulan ini sudah selesai," ucap Fabiano menjelaskan. 

Setelah proses naturalisasinya selesai, Fabiano mengaku sudah memiliki beberapa rencana, salah satunya ingin kembali memperkuat tim Maung Bandung (julukan Persib) pada musim 2020. 

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib, Fabiano Beltrame saat berlatih di Lapangan Saraga ITB, Kota Bandung, Rabu (26/06/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain Persib, Fabiano Beltrame saat berlatih di Lapangan Saraga ITB, Kota Bandung.

Menurutnya, tim kebanggaan Bobotoh memiliki jasa yang sangat besar membantunya menjadi WNI. Sehingga, Fabiano ingin memberikan penampilan terbaiknya bagi skuat Maung Bandung, apalagi pada Shopee Liga 1 2019 ia tidak bisa membela Persib, karena masih berstatus sebagai pemain asing. 

"Ya, tahun depan keinginan tetap bertahan di Persib. Karena Persib sampai sekarang luar biasa sekali. Bantu saya sampai proses selesai. Saya yakin, mereka juga masih mau saya di sini," ungkapnya.

Fabiano tak lupa mengucapkan terima kasih, kepada semua pihak terutama Bobotoh yang sudah memberikan dukungan padanya selama proses naturalisasi. Sehingga, hal itu menjadi motivasi baginya untuk selalu memberikan yang terbaik dan bertahan di tim Maung Bandung. 

"Terima kasih Bobotoh, mereka terus kasih semangat kepada saya. Meskipun kemarin masih belum selesai prosesnya, mereka terus kasih saya support, dan saya sangat berterimakasih. Dan mereka juga banyak yang ingin saya tetap di Persib," tegasnya. 

Sebagai informasi, Fabiano Beltrame awalnya disiapkan untuk memperkuat Persib Bandung di musim 2019. Hanya saja, ia tidak didaftarkan untuk tampil di kompetisi Shopee Liga 1 2019. 

Karena, hingga ditutupnya batas akhir pendaftaran pemain putaran pertama dan kedua, proses naturalisasi Fabiano Beltrame belum rampung. Sedangkan kuota legiun asing di tim Persib Bandung sudah penuh.